SALAM PAPUA (TIMIKA) - Salah seorang bakal calon bupati lewat jalur independen, telah mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika.

Koordinator Divisi (Koodiv) Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy menjelaskan, saat ini KPU Mimika telah membuka pendaftaran calon bupati jalur independen.

Dan hari pertama tersebut, Liaison Officer (LO) atau pendamping dari Philipus Munaweyau telah mendatangi KPU.

“Hari ini baru satu LO dari Philipus Munaweyau yang mendatangi kantor KPU Mimika,” ujarnya saat ditemui di Kantor KPU Mimika di Jalan Irigasi Ujung, Rabu (8/5/2024).

Fransiskus menjelaskan, kedatangan tim dari calon independen ini ialah untuk mengkonfirmasi, terkait persyaratan apa saja yang harus dilengkapi timnya.

Pasangan calon bupati dan wakil bupati yang ingin maju pada jalur perseorangan di Pilkada Mimika, harus menyerahkan sebanyak 23.700 bukti dukungan, dalam bentuk salinan KTP dan form surat dukungan warga sudah harus diserahkan pada 08-12 Mei 2024.

“Yang jelas persyaratannya harus ada 23.700 surat dukungan. Kalau siap yah pasti persyaratannya juga siap dipenuhi,” jelasnya.

Koodiv Data KPU Mimika, Budiono menambahkan, usai mendaftar, semua surat pendukung tersebut akan diverifikasi secara administrasi dan faktual.

“Kami akan langsung turun ke distrik-distrik cek kebenaran dari dukungan tersebut, apakah betul itu mereka yang buat surat dukungannya. Jangan sampai dari ribuan surat itu, contohnya ada yang 1 orang dua surat,” ujarnya.

Budiono menjelaskan, setelah syarat dukungan dinyatakan lengkap dan valid, maka akan didaftarkan bersama pasangan calon yang akan berlangsung pada Agustus 2024. Jadwal pendaftaran perseorangan akan sama dengan calon yang diusung partai politik.

“Arahan dari KPU RI seperti itu, maka kita kabupaten hanya menyesuaikan apa yang terlampir pada surat edaran,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi