SALAM PAPUA (TIMIKA) – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Setwan DPRD) Mimika, saat ini telah melakukan beberapa persiapan untuk pengisian Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota (DPRK) tahun 2024. Hal itu disampaikan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Mimika, Gat Tebay, AP ketika ditemui Salampapua.com, Senin (27/05/2024).

“Untuk DPRK, kami telah mempersiapkan ruangan-ruangan di kantor DPRD. Untuk ruang kerja mereka, kemungkinan akan diisi di lantai 3,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Saat ditanya apakah DPRD telah menyiapkan anggaran tambahan untuk DPRK, Gat mengatakan, untuk anggaran DPRK telah disiapkan sebab DPRK akan masuk di tahun 2024.

“Untuk anggaran DPRK kami sudah siapkan, namun untuk nominalnya saya tidak hapal berapa.  Yang jelasnya, untuk anggaran kebutuhan DPRK nantinya kami sudah siapkan,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk pencalonan DPRK tidak diatur oleh DPRD, sehingga sampai saat ini pihaknya tidak mengetahui tahapan tersebut. Yang jelas DPRK akan dilantik bersamaan dengan DPRD 2024, sehingga nantinya masa kerja DPRD 2024 dan DPRK akan bersamaan.

“Sampai saat ini kami tidak mengetahui alur pencalonan DPRK. Kami hanya menyiapkan semua keperluan untuk nantinya masa jabatan semua dewan tahun 2024,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi