SALAM PAPUA (TIMIKA) - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Mimika, telah dibuka mulai tanggal 24-25 Juni 2024, terlihat pihak keamanan dari TNI dan Polri ikut mengamankan situasi PPDB tersebut. Para orang tua yang mendampingi para calon siswa, sejak subuh sekitar pukul 04.00 WIT sudah mendatangi sekolah SMA Negeri 1 Mimika.

Makin siang, jumlah peserta semakin bertambah dan pihak panitia yang baru datang ke sekolah pada pukul 08.00 WIT, sempat kewalahan menghadapi para casis, yang datang membanjiri sekolah tersebut, demi mendapatkan formulir pendaftaran dari panitia.

Kepala Sekolah SMAN 1 Mimika, Matheus Mamo mengatakan, kuota yang diberikan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika untuk SMA N 1 Mimika sebanyak 320 siswa, dengan penetapan 10 kelas.

“Kemarin kami para kepala sekolah se-Kabupaten Mimika telah melakukan rapat bersama dengan Disdik, dan kami SMA N 1 mendapatkan kuota 320 siswa,” ujarnya saat ditemui salampapua.com, Senin (24/6/2024).

Ia menjelaskan, sistem penerimaan yang diberikan Disdik yaitu, jalur zonasi 70 persen setara dengan 221 siswa, jalur afimasi 15 persen setara dengan 49 siswa, jalur prestasi 10 persen setara dengan 33 siswa, dan jalur perpindahan orang tua 5 persen setara dengan 17 siswa.

“Kita lihat dari kartu keluarga mereka tempat tinggal mereka, dan rekomendasi anak-anak berprestasi, dan kami juga membantu SMA N 7 Mimika dalam PPDB,” jelasnya.

Untuk jadwal pendaftarannya, pengambilan formulir di tanggal 24-25 Juni, pengembalian formulir 26-27, seleksi berkas 28-30 Juni, pelaporan ke Disdik Mimika 3 Juli, pengumuman hasil PPDB 5 Juli, dan pendaftaran ulang 6-8 Juli.

“Jadi kami hanya menerima berkasnya, untuk selanjutnya semua kewenangan diberikan oleh Disdik Mimika, jadi bukan wewenang kami lagi yang menerima. Dan apabila nantinya ada penambahan peserta didik, maka semuanya akan ditetapkan oleh Disdik sesuai Juknis yang diberikan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pertanggal 25 Juni ini saja pendaftaran telah membludak sebanyak 2.000 orang, sehingga mengantisipasi adanya gangguan keamanan, maka pihak TNI/Polri mengambil inisiatif untuk menjaga keamanan di SMA N 1 Mimika.

“Kami tidak memanggil pihak TNI-Polri, namun mereka sendiri yang mangambil langkah untuk menjaga ketertiban jangan sampai ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Jadi tadi sebelum kami buka pendaftaran, kami lakukan rapat kerja bersama mereka,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi