SALAM PAPUA (TIMIKA) - Beberapa hari terakhir, pamflet terkait ajakan aksi serentak dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan West Papua ke-53, 01 Juli 2024 tersebar luas di tengah masyarakat Kabupaten Mimika.

Menanggapi hal itu, Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, SH SIK menyebutkan, bahwa hingga 30 Juni 2024 pihaknya tidak menerima surat izin dari kelompok manapun yang hendak membuat aksi dimaksud.

"Sampai hari ini, belum ada surat pemberitahuan ke kami terkait rencana aksi untuk HUT West Papua ke-53 yang saat ini tersebar melalui pamflet itu," kata AKBP Putra, Minggu (30/6/2024).

Mengingat tidak adanya surat izin yang masuk, maka setiap masyarakat yang melakukan aksi akan ditertibkan.

Polres Mimika juga menggelar apel gabungan bersama TNI, untuk melakukan penjagaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya aksi-aksi sesuai dengan pamflet yang saat ini beredar.

Untuk menjaga situasi itu, pihaknya juga akan siagakan sebanyak 150 personel gabungan untuk menjaga di beberapa titik-titik yang telah dianalisa. Selain itu, ada juga personel gabungan yang mobile memantau situasi.

"Kami akan menyesuaikan dengan ketentuan yang ada, bahwa setiap kegiatan yang melibatkan orang banyak dan menggunakan fasilitas umum, maka wajib hukumnya untuk masukan surat izin ke Polres," tegasnya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi