SALAM PAPUA (TIMIKA) - Yayasan Bantuan Hukum (YBH) Marvey Dangeubun ditunjuk langsung dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, sebagai Organisasi Bantuan Hukum (OBH) untuk membantu mendampingi perkara pidana bagi masyarakat yang kurang mampu di Kabupaten Mimika.

Hal ini disampaikan oleh Kakanwil Papua, Anthonius M Ayorbaba. Dijelaskan, OBH yang dipercayakan dari Kemenkumham akan mendampingi perkara pidana bagi masyarakat kurang mampu secara gratis tanpa membayar.

"Untuk sementara kita tunggu verifikasi dari Kemenkumham untuk YBH Marvey Dangeubun, sebagai OBH khusus orang tidak mampu di Timika," kata Anthonius, Kamis (20/6/2024).

Menanggapi hal ini, perwakilan YBH Marvey Dangeubun, Advokat dan Konsultan Hukum YBH Marvey Danngeubun, Simon Viktor Rahanjaan, SH mengatakan, pihaknya siap menjalani petunjuk dimaksud.

"Sudah disampaikan Kakanwil Papua, Anthonius M Ayorbaba, bahwa nantinya untuk di Timika kami yang akan jadi OBH untuk mendampingi perkara pidana orang-orang tidak mampu, dan kami siap untuk hal itu," kata Simon yang didampingi rekannya sesama Advokat dan Konsultan Hukum, Welly Rondonuwu Goha.

Namun menurut Simon, sebelum mendaftarkan YBH ini ke Kanwil Provinsi untuk diverifikasi, empat tahun sebelumnya pihaknya telah memberikan layanan bantuan hukum gratis. Selama itu ditempatkan di Pos bantuan Hukum Pengadilan Negeri Kota Timika, guna menangani perkara pidana yang terancam di atas lima tahun.

"Selama empat tahun kami jalan dengan ikhlas,tanpa menuntut adanya bayar. Kami benar-benar mendampingi orang-orang yang tidak mampu," kata Simon.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi