SALAM PAPUA (TIMIKA) - Meski tergolong sebagai kampung yang berada dalam wilayah kota di Kabupaten Mimika, akan tetapi hingga saat ini masih banyak warga di Kampung Hiripau, Distrik Mimika Timur yang belum memiliki rumah.

Kepala Kampung Hiripau, Distrik Mimika Timur, Carles Mapeko sampaikan bahwa berdasarkan data, terdapat 15 kepala keluarga (KK) yang belum memiliki rumah layak huni.

"Saya sudah data ada 15 KK yang harus dibangun rumah, karena selama ini mereka menumpang di rumah orang tua, keluarga dan kerabat. Di Hiripau itu dalam satu rumah itu dihuni oleh 3 sampai 5 KK," kata Carles, Rabu (17/7/2024).

Karena itu, Carles telah mengajukan usulan ke Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Mimika, dengan harapan agar secepatnya membangun rumah layak huni bagi 15 KK yang ada di Hiripau.

Namun, Carles juga mengimbau kepada warganya agar bersabar, karena meski telah diusulkan, tetapi belum tentu terealisasi. Hal ini berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, meski 15 yang diusulkan, akan tetapi yang dibangun hanya sebagian saja.

"Yang namanya usulan itu belum tentu bisa direalisasikan semuanya, karena yang pemerintah perhatikan bukan hanya untuk satu kampung saja. Saya harap masyarakat saya bisa paham dan bersabar," pesannya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi