SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dorong pembaharuan dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan, Badan Perencanaan Pembangunan Darah (Bappeda) Kabupaten Mimika gelar bimbingan teknis (Bimtek) inovasi bagi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), Rabu (10/7/2024).

Bimtek ini sekaligus mengevaluasi Progress Meeting Pelaporan Inovasi Daerah Tahun 2024, serta Kegiatan Diseminasi Jenis, Prosedur Dan Metode Penyelenggaraan Pemda Yang Bersifat Inovatif menyusul dibentuknya Pamong inovasi di seluruh OPD beberapa waktu lalu.

Kepala Bappeda Mimika, Yohana Paliling mengatakan bahwa inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

"Disebutkan bahwa sebenarnya selama ini sudah banyak inovasi yang lahir di Kabupaten Mimika, tapi dari setiap OPD belum terdokumentasikan dengan baik dan dilaporkan secara benar kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri,"kata Yohana dalam arahannya pada pembukaan Bimtek di Hotel Swissbelinn Timika

Dijelaskan, hasil penilaian untuk tahun 2023, Kabupaten Mimika menempati urutan 391 dari 415 kabupaten, dengan skor indeks 2,10 atau kurang inovatif. Dijelaskan juga, kinerja penerapan inovasi daerah dilakukan dengan mengukur Indeks Inovasi Daerah, yang merupakan laporan informasi data inovasi daerah, yang dinilai dengan cara menganalisa variabel dan indikator yang telah ditetapkan.

"Pelaporan Inovasi Daerah Tahun 2024, telah dibuka di awal Juli dan akan ditutup pada 2 Aqustus 2024. Untuk itu kita targetkan penginputan semua OPD selesai pada tanggal 29 Juli 2024 atau lebih cepat lebih baik, mengingat menjelang penutupan lalu lintas akses ke aplikasi menjadi sangat padat," pesannya.

Menurut Yohana, yang dilaporkan adalah inovasi di OPD yang telah dilakukan di tahun 2022 dan 2023. Sementara inovasi yang sedang dalam tahap pengembangan dan uji coba di tahun 2024 tetap akan kita daftarkan di aplikasi sebagai "Gudang Inovasi" dan akan dipakai untuk pelaporan Inovasi Daerah di tahun 2025.

"Mari sukseskan Pelaporan Inovasi Daerah Kabupaten Mimika tahun 2024," tutupnya.

Sementara itu Staf Ahli Setda Pemkab Mimika, Yakobus Karet menegaskan agar seluruh laporan dari semua OPD harus diserahkan ke Bappeda. Inovasi sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, sehingga harus dilaporkan dengan baik ke pusat.

"Tidak boleh main-main dan harus adanya kesungguhan dari semua OPD, karena itu melalui Bimtek ini semua peserta harus paham dan mengerti mengenai inovasi," kata Yakobus.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi