SALAM PAPUA (TIMIKA) - Empat putra pesisir Kabupaten Mimika asal Potowaiburu, Distrik Mimika Barat Jauh lulus tes Bintara Polri 2024 yang digelar Polda Papua.  Keempat putra asli Potowaiburu yang dinyatakan lolos menjadi anggota Polri ini ialah Stevanus Edowai, Alex Rivaldo Wanoma, Beatus Tamotani dan Laurensius Warai.

Keempatnya masuk dalam daftar 2.000 Casis Bintara Polri Tahun 2024 dari wilayah Provinsi Papua, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Selatan yang dinyatakan lulus.  Sebanyak 2.000 peserta yang lulus terdiri dari 1.950 calon siswa laki-laki (Polki) dan 50 calon siswa perempuan (Polwan) yang mencakup 70% Orang Asli Papua (OAP) dan 30% non OAP.

“Empat orang ini merupakan polisi pertama dari Distrik Mimika Barat Jauh.  Selama ini saya bina mereka atas petunjuk Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri melalui Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra bahwa harus merekrut anak-anak asli Papua dari pegunungan maupun pesisir, khususnya wilayah Potowaiburu guna mendidik dan membina mereka untuk lulus menjadi Polisi,” kata Kapolsek Mimika Barat Jauh, Ipda Muhammad Yani, Rabu (10/7/2024).

Ipda Yani mengatakan, bahwa kelulusan empat putra pesisir ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat di Distrik Mimika Barat Jauh. Masyarakat pesisir semakin semangat melihat dampak positif atas kebijakan Kapolda Papua, melalui Kapolres Mimika yang mengakomodir putra-putri OAP di Mimika untuk menjadi abdi negara.

“Terima kasih kepada Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra serta panitia yang telah memberikan ruang untuk anak-anak pesisir," ujarnya.

Usai dinyatakan lulus, Stevanus Edowai, Alex Rivaldo Wanoma, Beatus Tamotani dan Laurensius Warai akan bergabung bersama ribuan peserta lainnya untuk melanjutkan pendidikan di SPN di luar Papua.

"Empat anak ini nantinya akan ikut pendidikan di luar Papua seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Setalah pendidikan, mereka akan lanjut magang," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi