SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika bersama Divisi Environmental PT Freeport Indonesia (PTFI), menggelar parade kendaraan ramah lingkungan. Parade kendaraan ramah lingkungan ini dilepas oleh Vice President Environmental Department PTFI, Gesang Setyadi di depan Gedung Eme Neme Yauware, Jumat (5/7/2024).

Rute yang dijalani yaitu start dari halaman Eme Neme Yauware ke Jalan Belibis, Jalan Yos Sudarso, kemudian ke Jalan Cenderawasih ke arah Jalan Jalan Budi Utomo dan kembali di halaman Gedung Eme Neme Yauware.

Gesang saat melepas peserta menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juli lalu, dan sebelumnya Environmental telah melakukan banyak kegiatan dari penanaman pohon di area Grassberg hingga perayaan bersama DLH Kabupaten Mimika.

“Hari ini merupakan kegiatan penutupan dari seluruh rangkaian Hari Lingkungan Hidup. Penutupan ini akan kita lakukan dengan berbagai kegiatan selama 3 hari,” ujarnya.

Menurutnya, parzde kendaraan ramah lingkungan ini sebagai upaya dalam memerangi pemanasan global, sehingga ia mengajak seluruh masyarakat Mimika untuk mendukung aksi ramah lingkungan ini.

“Dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan, kita bisa berkontribusi dalam mengurangi dampak pada lingkungan, dan kita harus lebih banyak berjalan kaki,” ungkapnya.

Perlu diketahui kendaraan yang mengikuti parade ini diantaranya, sepeda, sepeda listrik, motor listrik, mobil listrik, dan juga kendaraan berbahan bakar minyak roda dua dan roda empat yang sudah dilakukan uji emisi. Dalam parade kendaraan ramah lingkungan, juga dilakukan uji emisi terhadap kendaraan-kendaraan berbahan bakar minyak untuk memastikan gas emisi yang dikeluarkan tidak melebihi mutu baku.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi