SALAM PAPUA (TIMIKA) - SD Inpres Koperapoka 1 Mimika merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 dan pelepasan Purnatugas Guru Mince Yepese, yang digelar di halaman SD Koperapoka 1 Mimika, Sabtu (20/7/2024).

Perayaan ini dirangkaikan dengan Reuni Akbar Alumni dan dihadiri langsung Bupati Mimika Johannes Rettob serta para mantan Kepala SD Inpres Koperapoka 1 Mimika.

Bupati Mimika Johannes Rettob dalam sambutannya mengatakan, mewakili Pemerintah Kabupaten Mimika memberikan apresiasi kepada SD Inpres Koperapoka 1 Mimika yang telah melahirkan anak-anak generasi Bangsa yang hebat.

“Terimakasih kepada para guru yang sudah bekerja dengan hati dan loyal terhadap sekolah, terutama ibu Mince Yepese yang sudah memberikan dedikasinya kepada sekolah ini. Luar biasa, SD ini melahirkan pejabat dan pengusaha, serta anak-anak yang hebat,” ujarnya.

Menurut Bupati John Rettob, dengan melaksanakan perayaan HUT ini membuktikan bahwa semua alumni SD Koperapoka 1 Mimika tidak melupakan almamaternya. Bahkan sekolah ini telah melahirkan sekolah lainnya yaitu SD Koperapoka 2 dan 3.

Ia berharap agar ke depan SD Koperapoka 1 Mimika bisa terus melahirkan generasi bangsa yang berprestasi.

“Kita berharap sekolah ini terus menciptakan generasi yang terbaik, terus mengupgrade perkembangan fasilitas yang tentunya pemerintah akan terus mendorong sekolah yang ingin mengembangkan dirinya,” tuturnya.

Sementara Kepala SD Koperapoka 1 Mimika, Margarita Abraham mengungkapkan bahwa karena anugerah dan kasih Tuhan hari ini dapat terlaksana acara HUT ke-40 SD Inpres Koperapoka 1 Mimika sekaligus dirangkaikan dengan Purnatugas Ibu guru Mince Yepese.

“Bersyukur karena kita menjadi bagian penting dari SD Inpres Koperapoka 1, karena sekolah ini telah melahirkan orang-orang yang luar biasa. Untuk itu saya mengajak semua pihak untuk tetap satukan asa, maju terus ke depan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, HUT ke-40 SD Koperapoka 1 Miimka seharusnya dilaksanakan di tanggal 18 Juli 2024, namun mengingat Ibu guru Mince Yepese adalah guru senior yang telah mengabdi puluhan tahun di SD Koperapoka 1 Mimika, maka syukuran dirangkaikan dengan acara pelepasan Purnatugas.

“39 tahun beliau (Mince Yepese, Red) berjasa bagi SD Koperapoka 1 Mimika, karena dedikasi beliau yang telah melahirkan generasi yang handal, salah satunya Gerry Okoware adalah murid beliau yang sekarang telah sukses,” ungkapnya.

Ketua Umum Panitia, Gregorius Okoare juga mengungkapkan bahwa SD Koperapoka 1 Mimika telah mehasilkan para siswa dan siswi yang berkualitas, serta telah banyak menyumbang para pemimpin, ASN, TNI-Polri di Kabupaten Mimika bahkan Provinsi Papua, sehingga ia mengajak semua alumni untuk berbangga dan berterimakasih kepada guru-guru yang telah menciptakan alumni.

“Saya mengajak semua pihak untuk bersatu memajukan SD Koperapoka 1 Mimika, sehingga mutu pendidikan di Mimika bisa terus berkembang,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy