SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng menegaskan, usai pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2023, pihaknya akan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk mempersentasikan realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024.

“Setelah LKPJ ini, sebelum masuk pada APBD-P, saya mau tanya dulu anggaran Rp 7,5 triliun ini jalan kemana?, karena sampai sekarang yang saya tahu realisasi APBD 2024 baru 30 persen, tapi datanya saya tidak pegang,” ujar Anton, Sabtu (6/7/2024).

Saat ditanya berapa lama waktu yang diberikan DPRD, ia mengatakan, pihaknya memberikan waktu hingga akhir Bulan Juli ini, dan selanjutnya setelah presentasi realisasi APBD 2024 diberikan Pemkab Mimika, maka pihaknya akan membahas APBD-P selanjutnya, DPRD akan membahas APBD Induk 2025 di Bulan September.

“Kita tidak bisa diam saja, jangan kita masuk APBD-P tapi realisasi sangat rendah, karena kemarin realisasi katanya baru di angka 30 persen,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, realisasi APBD harus berjalan atau dikerjakan dan menyentuh masyarakat Mimika, sehingga pembangunan di Mimika dapat terlihat.

“Jangan program banyak, tapi selalu terkendala dengan pelelangan. Tiap tahun kendala sama terus, ini sudah yang selalu saya tekankan, jalankan program secepatnya,” tutup Anton.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi