SALAM PAPUA (TIMIKA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) secara resmi memberikan rekomendasi berupa surat B1 KWK dengan menunjuk pasangan Meki Frits Nawipa dan Deinas Geley sebagai bakal calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Tengah serta pasangan Johannes Rettob dan Emanuel Kemong (yang akrab disebut dengan singkatan JOEL) sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika pada kontestasi Pilkada Serentak 2024.

Rekomendasi ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mewakili Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada kegiatan pengumuman gelombang II tentang bakal calon Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah Kader PDI Perjuangan pada Pilkada Serentak 2024, yang diselenggarakan di Kantor DPP PDI Perjuangan, jalan Diponegoro No. 58 Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2024).

Usai pembacaan rekomendasi, dilanjutkan dengan penyerahan surat B1 KWK kepada bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur secara simbolis yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Pantauan salampapua.com melalui channel Youtube resmi PDI Perjuangan, rekomendasi diberikan kepada bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dari 169 daerah, yakni di 60 Provinsi, 151 Kabupaten dan 12 Kota.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyempatkan diri untuk menyampaikan pidato politiknya.

Megawati menegaskan kepada para bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah untuk berani menjalankan tugas konstitusi dan mengikuti petunjuk serta ideologi partai di daerah masing-masing.

Megawati juga menyinggung terkait polemik keputusan Mahkamah Konstitusi tentang UU Pilkada yang sempat hendak dihadang melalui Revisi UU Pilkada oleh DPR RI, yang kemudian diketahui Revisi UU Pilkada tersebut batal disahkan DPR RI pada rapat paripurna, Kamis (22/8/2024).

“Jadi tadi saya tunjukkan (B1 KWK-nya) supaya tidak salah nama tapi terus pesannya begini, kalau kamu sudah saya tugasi, kamu berani atau tidak, semuanya bilangnya berani,” ujar Presiden RI kelima ini yang memiliki nama lengkap Prof. Dr (H.C.) Hj. Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri.

Penulis: Evita/Jimmy

Editor: Jimmy