SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama liaison officer (LO) 3 Pasangan Calon (Paslon), guna membahas finalisasi jadwal kampanye dan pembatasan dana kampanye dalam Pemilihan Bupati dan wakili Bupati Mimika 2024, yang dilaksanakan di Horison Diana, Sabtu (28/9/2024).

Ketua Divisi Hukum KPU Mimika, Hironimus Kia Ruma menjelaskan, Rakor ini merupakan tindak lanjut dari Rakor sebelumnya. Sebab sebelumnya, belum ada titik temu penetapan tempat Rapat Umum atau Kampanye Besar bagi ketiga Paslon. Di mana pada pertemuan pertama, ketiga Paslon memilih tempat dan waktu yang sama yaitu Lapangan Pasar Lama.

Sebelumnya KPU memang hanya menetapkan tanggal kampanye, namun demi menjaga persinggungan antar Paslon KPU berinisiatif untuk memfasilitasi penetapan tempat.

“Awalnya itu mereka telah menetapkan tanggalnya namun ketiga Paslon juga meminta tempat yang sama, maka hari ini kita mengundang pihak Kepolisian sehingga diberikan juga pengertian bagi LO ketiga Paslon,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk waktu kampanye besar bagi ketiga Paslon, dilakukan pada tanggal yang sama yaitu ditanggal 23 September, namun untuk tempatnya, Kepolisian menetapkan Lapangan Pasar Lama ditiadakan maka direkomendasikan 3 tempat dan sebelumnya telah dilakukan pengundian.

Di mana untuk Paslon Omaleng dan Yusuf Romber (AIYE) akan melakukan kampanye besar di Lapangan SP 1, Maximus Tipagau dan Peggy Patricia Patipy (MP3) Lapangan Petrosea, Johannes Rettob dan Emanuel Kemong (Joel) dilakukan di Lapangan SP 5 semua tempat merupakan milik Pemkab Mimika.

“Nah tadi pihak Kepolisian telah merekomendasikan 3 tempat milik Pemkab Mimika di luar dari Lapangan Pasar Lama. Nah tadi kita lakukan pengundian dan memang saat pengundian suasana sedikit alot, namun semua LO Paslon berbesar hati telah menyetujui hasil pengundian,” jelas Hiro.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi