SALAM PAPUA (TIMIKA) – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mimika nomor urut 3, AlexsanderOmaleng-Yusuf Rombe, atau dikenal dengan singkatan AIYE, menggelar acara bakar batu bersama masyarakat di Jalan WR Supratman (Petrosea) Sabtu (28/9/2024). Acara ini menjadi momentum penting bagi masyarakat Amungme, untuk merapatkan barisan dalam mendukung AIYE dalam Pilkada Mimika 2024.

Yan Magal, salah satu perwakilan masyarakat, menyatakan bahwa tokoh-tokoh besar Amungme telah tiada, dan kini waktunya bagi Alexsander Omaleng, putra asli Amungme, untuk maju dalam Pilkada. Menurutnya, seluruh masyarakat Mimika, yang dianggapnya sebagai bagian dari keluarga besar Amungme, harus bersatu mendukung Omaleng.

"Saya mengatakan ini bukan untuk orang lain atau kabupaten lain, namun untuk orang-orang yang ada di Mimika ini. Saya anggap semua orang di Mimika ini orang Amungme," tegas Yan Magal.

Michael Beanal menambahkan bahwa Mimika adalah tanah orang Amungme, sehingga ia sepenuhnya mendukung Alexander Omaleng sebagai Bupati. Jansen Magal juga mempertegas dukungan itu, menyatakan bahwa Alexsander Omaleng adalah satu-satunya pilihan untuk memimpin Mimika ke depan.

"01 (Bupati) untuk Mimika ini harus Alexsander Omaleng," tegasnya.

Dalam acara tersebut, Alexsander Omaleng mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada panitia dan masyarakat Amungme atas dukungan yang diberikan. Ia menjelaskan, dalam bahasa Amungme, beberapa program prioritas yang akan dijalankan oleh pemerintahan AIYE ke depan, termasuk di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, serta pengembangan ekonomi berbasis UMKM.

"Terima kasih banyak telah hadir dan mendukung, ini adalah dukungan yang luar biasa, terutama dari keluarga besar Amungme dan panitia," ujar Alex.

Sementara itu, Yusuf Rombe, calon Wakil Bupati, menegaskan komitmen AIYE untuk melanjutkan program-program pembangunan yang telah dirintis oleh Bupati sebelumnya, Eltinus Omaleng. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung AIYE agar dapat meneruskan perjuangan tersebut.

"Kami harapkan semua yang hadir di sini mendukung AIYE," katanya.

Yusuf juga mengimbau agar seluruh masyarakat menjaga suasana damai dan kondusif selama Pilkada 2024, dengan harapan agar Mimika tetap bersatu dalam mendukung pasangan AIYE.

"Harapan AIYE, kita semua bersatu mendukung AIYE," tutupnya. (Media AIYE)

Editor: Sianturi