SALAM PAPUA (TIMIKA) - Adanya pergeseran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika meminta kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal ini Dirjen Bina Keuangan Daerah untuk melakukan pendampingan.

Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito mengatakan, permintaan pendampingan ini agar semua program yang telah disusun pada saat penetapan APBD Perubahan bisa terakomodir, sebab ada beberapa anggaran yang digeser.

“Nah karena banyak anggaran yang harus dikoreksi maka kita minta dukungan dari Kemendagri khususnya Dirjen Bina Keuangan Daerah untuk membantu,” ujar Valentinus saat ditemui usai menggelar pertemuan tertutup di Hotel Horison Diana, Rabu (16/10/2024).

Ia menjelaskan dalam pertemuan ini, pihaknya juga melibatkan pihak legislatif dalam hal ini tim Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Kita kibatkan semua tim anggaran, sehingga jangan sampai karena adanya pergeseran anggaran, ada program yang tidak terakomodir, jadi nanti Dirjen Keuangan memandu kita,” jelas Valentinus.

Ia menambahkan, Dirjen akan menjadi payung bagi pelaksanaan program APBD-P, sebab semua pelaksanaan program dianggap terlambat.

“Semua ini kita lakukan karena kita terlambat dalam menjalankan program, begitupun proses lelangnya juga terlambat, sebab kita mulai lelang di Juni,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi