SALAM PAPUA (TIMIKA) - Gunakan Dana Otonomi Khusus (Otsus), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan Sembako untuk 18 distrik di Mimika, Papua Tengah. Penyerahan bantuan Sembako kepada warga 18 distrik diserahkan secara simbolis oleh Pj Bupati Mimika Valentinus S Sumito, SIP MSi kepada kepala-kepala distrik di, halaman Kantor Distrik Mimika Baru, Jalan Cenderawasih, Kamis (3/10/2024).

Pj Bupati dalam sambutannya mengatakan, penyaluran bantuan permakanan atau sembako ini merupakan upaya nyata dari pemerintah, dalam memberikan bantuan kepada masyarakat. Bantuan ini diharapkan, dapat membantu memenuhi kebutuhan dasar akan pangan bagi setiap keluarga penerima manfaat.

“Dengan adanya bantuan permakanan ini, diharapkan keluarga penerima manfaat dapat merasakan dampak positifnya, dan merasa didukung dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Pemkab Mimika berkomitmen untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama kepada kelompok yang berada dalam kondisi terlantar.

“Melalui OPD terkait kami akan berupaya untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan merata kepada seluruh masyarakat, terutama kepada kelompok rentan. Dengan kolaborasi antara pemerintah daerah, instansi terkait, dan masyarakat, diharapkan bantuan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi keluarga penerima manfaat,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, Paulus Saile menyampaikan, Kegiatan Penyediaan Permakanan yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus (OTSUS).

"Penerima manfaat kegiatan Penyediaan Permakanan Untuk 18 distrik Sesuai DPA Dinas Sosial Tahun Anggaran 2024, sasarannya untuk masyarakat yang kurang mampu dan juga masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, distrik dalam kota, kelompok penerima manfaat 3.050 kepala keluarga, sedangkan untuk distrik pedalaman kelompok penerima manfaat sebanyak 2.240 kepala keluarga.

“Distrik pesisir, kelompok penerima manfaat  sebanyak 3.650 kepala keluarga. Sehingga jumlah keseluruhan penerimaan manfaat penyediaan permakanan untuk 18 distrik adalah 8.940,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Distrik Mimika Baru, Joel Daniel Luhukay mengatakan, dirinya mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Sebab pemberian sembako ini sangat dibutuhkan masyarakat.

“Bantuan ini saya rasa sangat berguna bagi masyarakat, dan bantuan permakanan ini akan saya awasi betul, dari data yang ada ini akan dipastikan agar warga dapat menerima," pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi