SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, perwakilan adat Mimika, mengikuti sosialisasi terkait pengangkatan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten (DPRK) jalur Otonomi Khusus (Otsus).

Sosialisasi ini digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mimika dan dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Mimika, Inosensius Yoga Pribadi mewakili Pj Bupati Mimika, yang dilaksanakan di Hotel Cenderawasih 66 Timika, Jumat (18/10/2024).

Pj Bupati Mimika dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Mimika, Inosensius Yoga Pribadi mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Otonomi Khusus Nomor 2 Tahun 2021 serta turunannya yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2021, mengatur tentang DPRK dan DPRP terdiri dari anggota dewan perwakilan rakyat, yang dipilih melalui mekanisme pemilihan umum dan anggota dewan perwakilan rakyat yang diangkat dari unsur orang asli Papua.

“Saat ini kita akan mencari anggota, DPRK Mimika dari unsur orang asli Papua, dan Pansel yang akan melakukan seleksi terhadap siapa-siapa yang akan menjadi anggota DPRK Mimika. Di mana Pansel diseleksi dan dilantik oleh Gubernur Provinsi Papua Tengah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam menjalankan tugasnya Pansel bersifat independen dan telah dibekali dengan aturan-aturan dan tata kerja yang mengikat dan mengatur Pansel.

“Saya berharap sosialisasi ini dapat diikuti dengan baik, sekalian dapat memahami serta mengerti semua rangkaian tahapan serta syarat-syarat, yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota DPRK Mimika, yang diangkat melalui mekanisme pengangkatan yang merupakan unsur OAP,” harapnya.

Ketua Pansel Yunias Kulla mengatakan, sosialisasi dilakukan sebanyak 4 kali, pertama kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kedua kali ini tokoh masyarakat di wilayah kota, ketiga akan dilakukan di wilayah pesisir dan keempat wilayah pegunungan.

“Kita tekankan kepada masyarakat untuk percaya kepada kami Pansel, karena kami akan bekerja semaksimal mungkin. Kami yang terdiri dari Pansel merupakan orang yang profesional dan tidak memiliki kepentingan apapun,” ungkap Yunias.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi