SALAM PAPUA (TIMIKA) - Menuju Indonesia Bebas Rabies 2030, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua Tengah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak & Keswan) memberikan 2.000 dosis vaksin gratis.

Pemberian 2.000 dosis vaksin rabies ini juga dilakukan dalam rangka World Rabies Day (Hari Rabies Sedunia) yang jatuh pada 28 September dan HUT Kabupaten Mimika, yang dilaksanakan di halaman Kantor Disnak & Keswan Jalan Poros SP5-SP2, Jumat (4/10/2024).

Kepala Disnak & Keswan mengatakan, drh. Sabelina Fitriani mengatakan, pemberian vaksin rabies gratis ini dilakukan dalam rangka Hari Rabies Sedunia, dan juga dirangkaikan dalam menyambut HUT Mimika yang ke-28.

Bukan hanya itu, pemberian vaksni ini juga kata Sabelina, Kabupaten Mimika mengikuti instruksi Nasional yaitu 2030 Indonesia bebas rabies.

“Kenapa kita berikan vaksinasi sehingga tujuan daripada untuk Indonesia bebas rabies di tahun 2030 itu dapat terwujud,” ujarnya.

Sabelina menjelaskan, dalam pemberiaan vaksin ini juga ditekan kepada semua masyarakat untuk lebih memahami bahwa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, merupakan hewan yang harus disayang dan dijaga bukam lagi hewan bahan pangan.

“Dari antusiasnya masyarakat Mimika, kita lihat sepertimya masyarakat sudah memahami bahwa hewan peliharaan ini bukan untuk dimakan, namun harus kita sayangi. Kita jaga dan lindungi, menjadi sahabat kita, maka saya harap hal ini bisa ditekankan kepada masyarakat,” jelasnya.

Ia menambahkan, Disnak & Keswan menyediakan 2.000 vaksin gratis, dan apabila pemberian di Kantor Disnak & Keswan masih tersisa, pihaknya menyediakan vaksin tersebut di Klinik Disnak & Keswan.

“Dosisnya 2.000, apabila masih tersisa pemilik hewan peliharaan bisa ke klinik kami, karena pemberian di kantor kita Batasi. Dan akan dilanjutkan di Klinik Disnak & Keswan di Hari Senin, apabila vaksin masih tersedia,” tutup Sabelina.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi