SALAM PAPUA (TIMIKA) - Warga Jalan Yos Sudarso, Lorong Cemara, Kelurahan Mawokau Jaya, Distrik Wania dihebohkan dengan ditemukannya bayi perempuan, yang dibuang dalam semak-semak sekira pukul 22.50 WIT pada 3 Oktober 2024.

Bayi malang yang masih tersambung dengan tali pusarnya ini, dibungkus dalam kantong plastik  berwarna merah dan diletakkan di semak berlumpur.

"Kami tahu adanya penemuan bayi itu berdasarkan aduan masyarakat sekitar TKP yang datang ke Polsek dan kita langsung meresponnya. Anggota kami langsung respon dan bawa bayi itu ke RSUD," Kata Kapolsek Mimika Baru, AKP Jai Limbong, Jumat (4/10/2024).

Meski sempat diguyur gerimis dan embun, bersyukur bayi malang ini bisa bertahan dengan kondisi tubuhnya yang menggigil kedinginan. Ditambahkan pula bahwa saat ini kondisi bayi dalam keadaan sehat, dan masih dalam penanganan dan perawatan intensif oleh pihak medis di RSUD Mimika.

"Puji Tuhan bayi itu sehat. Bayi malang itu diletakan di semak-semak yang tidak jauh dari permukiman warga," katanya.

Atas kejadian ini menurut AKP Limbong, pihaknya akan terus menggali informasi atau keterangan di lapangan, guna mengungkap siapa pelaku yang tega membuang bayi tersebut.

"Saat ini kami terus lakukan pendalaman di lapangan guna mengetahui modus orang tua yang membuang bayinya, dan tetap akan melakukan proses hukum sesuai prosedural," imbuh Kapolsek.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan upaya-upaya koordinasi dengan stakeholder terkait khususnya Dinas Sosial (Dinsos), untuk penanganan dan perawatan serta pengawasan terhadap bayi tersebut.

AKP Limbong mengimbau, kepada semua pihak dan masyarakat untuk membantu memberikan informasi apabila mengetahui keberadaan orang tua, maupun hal-hal yang dapat dijadikan sebagai petunjuk dalam proses hukum.

"Kami meminta serta berharap kepada semua pihak dan masyarakat untuk membantu kami dengan memberikan informasi maupun petunjuk lainnya untuk kami gunakan sebagai dasar dalam melakukan proses hukum" tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi