SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tahun 2025 Pemerintah Kabupaten Mimika akan membangun jembatan penyeberangan di depan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), tepatnya di Jalan Cenderawasih Timika.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika, Jania Basir mengatakan, pada tahun 2025 pihaknya akan membangun jembatan penyeberangan dengan mengunakan struktur baja ringan. Pembangunan jembatan ini, akan dilakukan sebagai akses penyeberangan dari Kantor Disdukcapil ke Kantor BPKAD.

“Kita memang berencana bangun jembatan penyeberangan, di depan Disdukcapil dan BPKAD, karena dua OPD ini berhubungan langsung dengan masyarakat,” ujar Jania saat ditemui Salampapua.com, Selasa (15/10/2024).

Ia menjelaskan, meskipun kepadatan penduduk belum terlihat saat ini, namun lokasi di Jalan Cenderawasih cukup dilalui banyak kendaraan. Dan dilihat dari kebutuhannya, kedua kantor tersebut banyak dikunjungi masyarakat.

“Apalagi putaran di Cenderawasih sudah kami tutup. Tadinya kendaraan bisa memutar jalur di lokasi itu, sekarang sudah tidak lagi, harus melalui bundaran yang ada di depan Petrosea. Nah untuk memudahkan, masyarakat bisa menyeberang melalui jembatan tersebut,” jelas Jania.

Ia menambahakan, pembangunan jembatan tersebut tidak menggunakan bahan beton melainkan menggunakan struktur baja ringan karena dinilai lebih estetik.

“Kalau baja ringan kan modelnya akan lebih bagus, bukan hanya akan lebih moderen namun kita juga mempertimbangkan anggarannya yang tidak begitu besar,” pungkas Jania.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi