SALAM PAPUA (TIMIKA) – Terkenal sebagai pusat penyuplai hasil pertanian di Kabupaten Mimika, Kampung Naena Muktipura, SP6, Distrik Iwaka akan dijadikan kampung wisata pertanian tahun 2024.

“Rencananya, Wisata Pertanian itu akan dibuat dan dikelola oleh masyarakat kampung sendiri dengan berbagai komoditi unggul yang disajikan dan mengandalkan anggaran dari Dana Desa,” ungkap Kepala Kampung Naena Muktipura, Lalu Sukri Rahman, Selasa (30/5/2023).

Disebutkan bahwa program inisiatif Pemerintah Kampung Naena Muktipura belum membuahkan hasil, sehingga upaya untuk mewujudkan Naena Muktipura sebagai kampung wisata belum terwujud.

Rencana pembuatan Wisata Pertanian itu telah lama muncul dan harapannya dapat terwujud di tahun 2023, namun masih banyak kendala, salah satunya terkait dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang masih menggunakan Dana Desa.

Saat ini pemerintah kampung tengah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan termasuk rencana pembentukan BUMDes dan Badan Hukum. Untuk lokasi Wisata Pertanian itu berada di dalam Kampung Naena Muktipura di Jalur 7, berjarak sekitar 3 Km dari pemukiman warga dengan luas perkiraan 2 Hektare.

"Itu tanah kampung, sekitar 2 hektar. Untuk itu kami harus siapkan semuanya terlebih dahulu. Ini kan program kami di Kampung yang memakai dana desa. Tentunya produk unggulan akan mengisi wisata Pertanian itu seperti sayuran, buah-buahan dan beberapa jenis tanaman jangka panjang lainnya untuk memikat para wisata,” ujarnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy