SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) mulai menyusun Laporan Pelaksanaan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (LP2KD) dan Rencana Aksi Tahunan (RAT) tahun 2022-2024, yang digelar di kantor Bappeda, Jumat (26/5/2023).

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Mimika, Regina Wenda mengatakan, tujuan dari kegiatan ini merupakan wujud pertanggungjawaban Pemkab Mimika kepada Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

"Kami Pemkab Mimika juga bersyukur karena dari Kabupaten lain di seluruh Papua, kita termasuk yang pertama dalam melakukan penyusunan dokumen penanggulangan kemiskinan ini,“ ujarnya.

Dia mengungkapkan, dokumen ini disusun setiap tahun dan menjadi kewajiban laporan dari pemerintah daerah, terkait tingkat kemiskinan di Mimika.

"Selain itu bagaimana strategi Pemkab dalam penanggulangan kemiskinan, sehingga ini penting menjadi perhatian kita bersama," ungkapnya.

Strategi yang akan dilakukan dalam penanggulangan kemiskinan daerah ini berdasarkan pada empat pilar yang menjadi tugas perangkat daerah yakni bantuan sosial terpadu berbasis rumah tangga, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan usaha mikro atau usaha kecil, dan pembangunan secara inklusif.

"Empat pilar ini merupakan hal yang paling penting dalam menyusun laporan penanggulangan kemiskinan. Yang paling penting dalam penyusunan ini juga terkait dengan data dari masing-masing OPD. Kami dari Bappeda hanya sebagai fungsi koordinasi," tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy