SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mimika, Jaconis Manusiwa mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan 15 Siswa Palang Merah Remaja (PMR) untuk mengikuti lomba PMI Nasional yakni Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) di Lampung pada tanggal 8 Juli 2023 mendatang.

Jumbara ini merupakan salah satu kegiatan besar organisasi PMI di setiap tingkatan untuk pembinaan dan pengembangan PMR seperti halnya Jambore pada organisasi Pramuka.

“Jadi ini kegiatan Nasional, kami PMI Mimika mewakili Papua dan Papua Tengah. Kenapa kita mewakili dua Provinsi, karena PMI Papua Tengah belum terbentuk, dan dari Papua, Mimika juga yang dipilih,” ujarnya, Selasa (13/6/2023).

Dia menjelaskan, 15 PMR yang terpilih merupakan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berasal dari beberapa sekolah di Kabupaten Mimika.

“Kami sudah menyeleksi di setiap tingkat SMA sehingga kita dapat 15 PMR yang memenuhi karakter yang diinginkan, dan tiga Bulan terakhir mereka sudah mendapatkan materi-materi untuk perlombaan, yang sekarang kita tekankan sebelum berangkat adalah pembinaan fisik 15 PMR ini,” jelasnya.

Dirinya mengaku tidak menuntut untuk menang hanya saja berharap 15 PMR tersebut dapat menunjukkan kelebihan-kelebihan Papua seperti menyanyi dan tarian-tarian Papua di tingkat Nasional.

“Selama pelatihan saya merasa sangat bangga melihat semangat anak-anak PMR ini. Dalam latihan pun saya merasa kegigihan mereka membuat saya untuk ikut di dalam semangat mereka serta harapannya pulang nanti bisa mendapatkan pembelajaran yang baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” harapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy