SALAM PAPUA (TIMIKA) – Penjabat (Pj) Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) tingkat Kabupaten Mimika tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, di Horison Ultima Timika, Jumat (14/7/2023).

Rapat dan pembentukan tim ini dihadiri para kepala Distrik, kepala Puskesmas, Direktur RSUD Mimika dan Komunitas Sagu Jiwa.

Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito dalam sambutannya mengatakan, kesehatan jiwa adalah kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya.

“Kesehatan jiwa merupakan salah satu masalah kesehatan di dunia, sehingga saya berharap TPKJM yang akan dibentuk ini bisa memecahkan masalah kesehatan jiwa yang semakin kompleks dengan cara mempersiapkan langkah-langkah yang tepat dalam pencegahan dan penanggulangannya,” ujarnya.

Pj Bupati Mimika mengungkapkan bahwa TPKJM ini dibentuk untuk melihat hal-hal yang mungkin tidak dilihat oleh Dinas Kesehatan, sehingga diharapkan bisa memberikan masukan-masukan yang kemudian dapat direalisasikan menjadi program-program yang betul-betul dibutuhkan masyarakat.

“Jadi saya berharap TPKJM ini bisa mengajak semua stakeholder untuk peduli sesama manusia. Kita jaga bersama Mimika dari kesehatan jiwa juga untuk mengurangi gangguan jiwa berat di masa yang akan datang, sehingga Mimika bisa lebih hebat ke depannya,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy