SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sebanyak 85 anggota Polres Mimika dan Yon B Pelopor Sat Brimob Polda Papua mendapatkan kenaikan pangkat periode 1 Januari 2024.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra saat memimpin upacara kenaikan pangkat menjelaskan bahwa 85 personel yang naik pangkat terdiri dari 18 orang Perwira Pertama (Pama) dan 67 Brigadir Polri.

 Kenaikan pangkat bagi anggota Polri merupakan salah satu sistem wujud reward terhadap sistim pembinaan karier personel dalam institusi Polri. Hal itu juga merupakan dinamika organisasi dalam rangka pengembangan manajemen strategis pembinaan personel Polri yang kredibel, akuntabel dan sinergis serta konsisten  melalui proses perencanaan monitoring, penilaian, evaluasi secara selektif kepada personel yang telah teruji kualitasnya terhadap profil dan kompetensi dalam tugas dan tanggung jawab sehingga sudah sepatutnya diberikan penghargaan dalam bentuk kenaikan pangkat.

Kenaikan pangkat juga merupakan salah satu wujud implementasi strategi pembinaan personel jangka panjang dalam  rangka perawatan dan pengendalian personel ke arah terwujudnya keselarasan antara kebutuhan organisasi dan pengembangan struktur Polri sesuai potensi yang dimiliki secara dinamis dan terintegrasi.

 "Hal ini juga merupakan apresiasi dari pimpinan Polri atas kinerja yang telah saudara-saudara tunjukkan dalam pelaksanaan tugas.

Ini menunjukkan bahwa setiap Perwira, Brigadir dan Tamtama Polri memiliki peluang dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk berpartisipasi secara kompetitif guna meraih karier yang setinggi-tingginya," ungkap AKBP Putra di halaman Mabes Polres Mimika di Mile 32, Sabtu (30/12/2023).

Kapolres sampaikan bahwa sejalan dengan perkembangan lingkungan strategis global, Polri dituntut memiliki sumber daya manusia (SDM) yang dapat menjawab tantangan, baik dalam dimensi regional, nasional dan sektoral.

Khususnya di lingkup Polres Mimika yang memiliki karakter wilayah dan sistim sosial kultural yang khusus dan unik akan sangat membutuhkan SDM yang memiliki integritas, dedikasi dan inovasi serta loyalitas yang tinggi.

  "Untuk itu saya berpesan agar senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta mewujudkan perilaku yang humanis dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM) dalam berinteraksi dengan masyarakat," pesannya.

Lebih lanjut diingatkan agar tetap memiliki kepekaan dalam menyikapi perkembangan dan pertumbuhan situasi yang terjadi di tengah masyarakat, melalui pendekatan proaktif dan problem solving ke arah terbentuknya lingkungan strategi yang konstruktif dengan memberdayakan serta mengoptimalkan potensi yang ada sebagai ciri kepolisian yang modern.

"Dalam kesempatan ini saya ucapkan selamat kepada semua yang mendapatkan kenaikan pangkat. Semoga kenaikan pangkat ini lebih memantapkan tekad dedikasi, loyalitas dan prestasi dalam pelaksanaan tugas. Saya ucapkan selamat kepada keluarga, semoga anugerah ini dapat membawa kebahagiaan dan meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga," tutupnya.

Penulis/Editor : Acik