SALAM PAPUA (TIMIKA) - Belum ada penetepan Petunjuk Teknis (Juknis) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten (DPRK) jalur Otsus Mimika, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika akan temui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba menjelaskan, pihaknya akan melakukan koordinasi bersama Kesbangpol Pemprov Papua Tengah, guna mempertanyakan progres DPRK Jalur Otsus.

“Kami juga masih menunggu arahan dari provinsi, jadi dalam waktu dekat kami akan ke Papua Tengah menanyakan bagaimana dengan proses DPRK ini, karena memang ada beberapa kabupaten yang telah menjalankan proses tersebut,” ujarnya saat ditemui di Swiss-Belinn Timika, Senin (3/6/2024).

Menurutnya, tahapan perekrutan DPRK sudah harus berjalan seperti Kabupaten lainnya, dan Tim Seleksi (Timsel) harus sudah terbentuk saat ini.

“Karena nantinya DPRK dan DPRD jalur Politik jalan bersamaan maka seharusnya tahapan DPRK sudah kami jalankan, tetapi sampai saat ini belum ada Timsel padahal sudah Juni,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Kesbangpol Mimika tidak dapat mengambil tindakan sebelum adanya arahan dari Pemprov, sebab tugas Kesbangpol Mimika hanya sebatas pendukung kesekretariatan Timsel.

“Karena perekrutan DPRK bukan kewenangan kami, melainkan Timsel. Kami berharap nantinya setelah kita temui Pemprov dan kita mendapatkan jawaban akan proses ini. Sehingga pelantikan dapat berjalan bersamaan di bulan Oktober,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi