SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika menggelar bimbingan teknis (Bimtek) terhadap Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa (PKD) terkait penggunaan aplikasi e-Coklit dan sistem daftar pemilih (Sidalih) untuk Pilkada.

Koordinator Divisi Data KPU Mimika, Budiono mengungkapkan bahwa e-Coklit merupakan aplikasi pemutakhiran data untuk akses ke Sidalih.

"Bimtek ini supaya seluruh PKD memahami aplikasi e-Coklit sebagai aplikasi untuk pemutakhiran data," ungkap Budiono, usai memberi materi bimtek di Hotel Horison Ultima, Kamis (13/6/2024).

PKD merupakan tempat rujukan bagi PPS dan pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Dalam hal ini meskipun ada Bimtek khusus bagi PPS dan Pantarlih, namun ketika ada kendala di lapangan, alurnya tetap melalui PPD.

Disampaikan bahwa administrasi penyelenggaraan Pemilu saat ini berbasis digitalisasi. Dengan demikian setiap PKD wajib memahami penggunaan e-Coklit demi kelancaran penyelenggaraan di tingkat Kelurahan/Desa.

"Kita sengaja libatkan sebagain saja dan merupakan ketua-ketua PKD dan divisi data saja supaya bisa maksimal," katanya.

Beberapa hari ke depan, menurut Budiono, juga akan dilakukan Bimtek bagi PPS.

Sementara itu aplikasi e-Coklit nanti terpasang di HP masing-masing PKD dan terkoneksi ke KPU, dengan kewenangan akunnya hanya ada di kesekretariatan KPU.

Ia pun berharap selama menggunakan e-Coklit, maka HP semua PKD tidak diperbolehkan mengunduh aplikasi lain yang bisa menggangu aplikasi e-Coklit. Sebab e-Coklit khusus melindungi data pelaksanaan Pilkada.

"Semua sudah diingatkan supaya HP mereka tidak menggunakan aplikasi lain yang bisa menyebabkan beratnya HP dan mencegah hacker," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy