SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Program Pengembangan dan Pengelolaan Ekosistem Kota Cerdas “Smart City”, yang dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Timika, Kamis (25/7/2024).

FGD ini diikuti oleh perwakilan bagian program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaparkan dokumen program pengembangan Smart City di Kabupaten Mimika.

Narasumber dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) yaitu Dr. Techn. Wikan Danar Sunindyo,S.T,M.Sc menjelaskan, dalam pemaparan dokumen setiap dokumen akan difokuskan pada peningkatan infrastruktur, penerangan dan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan.

“Kita lakukan FGD untuk melihat dokumen program OPD. Hal ini dilakukan harapannya di tahun 2027 perkembangan dan pembangunan di Mimika bisa lebih cepat dengan pemanfaatan teknologi yang lebih canggih,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, dari hasil FGD yang dilakukan sebelumnya, OPD di Mimika telah banyak yang memanfaatkan teknologi, salah satunya pembangunan jaringan internet di beberapa Distrik pelosok, kemudian terciptanya aplikasi-aplikasi yang dikembangkan sehingga memudahkan masyarakat dalam penggunaannya.

“Kalau kita lihat, adanya inisiatif dan inovasi dari OPD seperti Disdukcapil yang menggunakan aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan, kemudian ada Dinas Perizinan. Jadi yang dimaksudkan cerdas ini memudahkan masyarakat dalam pelayanannya,” ungkap Wikan.

Menurutnya, untuk jaringan internet yang dibangun pada setiap Distrik pelosok merupakan pembangunan yang bertahap. Sehingga pembangunan di perkotaan lebih mudah.

“Kalau untuk jaringan internet ke Distrik itu kan banyak kendalanya, mungkin karena faktor geografis atau kendala lainnya sehingga wilayah perkotaan lebih gampang pemasangan jaringan internetnya,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy