SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Puskesmas Timika, dr Moses Untung mengungkapkan selama bulan Januari 2024, pihaknya telah menangani 4 pasien yang dinyatakan positif HIV.

Saat ditemui salampapua.com di ruang kerjanya, Rabu (21/2/2024), dr Moses menjelaskan bahwa yang menjalani pemeriksaan laboratorium di bulan Januari sebanyak 170 orang, namun yang positif sebanyak 4 orang, yang mana saat ini 4 orang tersebut rutin mengikuti konseling dan mengonsumsi Antiretroviral (ARV) secara teratur.

"Biasanya kalau sudah ada yang dinyatakan positif maka tim kami aktif memantau apakah pasien-pasien mengonsumsi ARV sesuai anjuran atau tidak, karena yang paling penting ialah bagaimana pasien-pasien HIV itu taat mengonsumsi obat," ungkapnya, Rabu (21/2/2024).

Dia mengatakan, pihaknya melakukan pelayanan terkait penyakit menular seksual (PMS) dan HIV dimulai dengan penjaringan aktif mendatangi populasi kunci, dalam hal ini pekerja seks komersial (PSK) tidak langsung ataupun yang merupakan komunitas khusus di tempat lokalisasi.

"Untuk PSK dan lokalisasi dilakukan pemeriksaan secara rutin sekali dalam satu bulan. Itu sesuai dengan Perda terkait pencegahan penyakit penularan seksual," katanya.

Diingatkan bahwa kelompok resiko HIV dan PMS bukan hanya PSK atau komunitas tertentu, namun seluruh kelompok umur juga merupakan kelompok resiko. Untuk itu diharapkan agar seluruh masyarakat Mimika sadar diri dan jangan takut melakukan pemeriksaan.

"Sebetulnya semua kelompok umur memiliki resiko yang sama dan bukan PSK saja yang beresiko HIV. Jadi jauh lebih baik untuk lakukan pemeriksaan, karena mencegah itu penting," ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy