SALAM PAPUA (TIMIKA) – 4 warga yang merupakan karyawan PT Inti Bangun Sejahtera (IBS) yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Okbab, Kabupaten Pegunungan Bintang, berhasil dievakuasi tim gabungan, Senin (15/5/2023).

Evakuasi 4 korban penyanderaan ini dipimpin Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Mohamad Dafi Bastomi,S.H.,S.I.K.,M.I.K, dan Waka Satgas Gakkum Kombes Pol. Joko Sulistio,S.I.K.,M.H  beserta sekitar 50 personel yang di antaranya Dansatgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 143/TWEJ Letkol Inf. Ari Ismoyo Timor,S.Hub.INT, Direktur PT. IBS Pusat Makmur Jauhari, Pimpinan PT. IBS Pusat, Pejabat Utama Polres Pegunungan Bintang, serta personel Ops Damai Cartenz 2023 dibantu Pemerintah Kabupaten serta masyarakat.

Kapolres Pegunungan Bintang dalam rilisnya menjelaskan, tidak hanya aparat gabungan, Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin,S.T, Assisten I Setda Pegunungan Bintang Nicolaus Urobmabin,S.IP.,M.Si, Kepala Kampung Borban Obet Urwan serta Agus Uropka selaku tokoh masyarakat juga turut melakukan penjemputan empat karyawan tersebut menggunakan Pesawat PK-RBP Milik Tariku Aviation.

“Sekitar Pukul 09.30 WIT pagi tadi, Senin (15/5/2023), menggunakan Pesawat PK-RBP, tim gabungan bersama Wakil Bupati dan Assisten I Setda serta perwakilan tokoh masyarakat telah berhasil melakukan penjemputan empat karyawan yang sebelumnya berada di Distrik Okbab dan telah tiba di Distrik Oksibil sekitar pukul 10.50 WIT,” ungkapnya.

Adapun keempat karyawan yang telah berhasil dievakuasi yakni atas nama Asmar dan Feryan Erlangga yang mengalami luka akibat benda tajam namun masih dalam keadaan sadar serta saudara Peas Kulka dan Senus Lepitalem dalam kondisi baik.

“Keempat korban kini telah berada di RSUD Oksibil untuk dilakukan pemeriksaan medis lebih lanjut. Kami juga akan terus tingkatkan monitoring terkait situasi Kamtibmas di seluruh wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang untuk mencegah terjadinya hal seperti demikian,” ujar AKBP Mohamad Dafi.

Wartawan: Acik

Editor : Jimmy