SALAM PAPUA (TIMIKA) – SMA Negeri 3 Mimika menggelar pelepasan dan penamatan siswa-siswi angkatan XI Tahun Ajaran 2022-2023 yang berlangsung di Graha Eme Neme Yauware Timika, Kamis (4/5/2023).

Hadir dalam kegiatan ini, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika Paulus Dumais, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Mimika Willem Naa, dan Ketua Komite SMK N 3 Mimika Jhon Ade Matulessi.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika Paulus Dumais dalam sambutan Plt Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan, pendidikan adalah tolak ukur suatu bangsa, sebab hanya dengan mutu pendidikan bisa membawa Mimika ke arah yang lebih baik.

“Berharap tamatan ini ke depannya bisa menduduki jabatan struktural di pemerintahan, jabatan politik, dan banyak lagi. Kami pun berterima kasih kepada para guru yang telah membimbing anak-anak ini sehingga bisa ditamatkan hari ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK N 3 Mimika, Jhon Lemauk dalam sambutannya memberikan aspirasinya kepada seluruh orang tua Siswa-siswi yang sudah memberikan support yang besar kepada anak-anaknya, sehingga mereka bisa ada dipuncak ini meski beberapa tahun lalu, sekolah mengalami masa-masa sulit saat Covid-19.

“Saya sebut anak-anak ini angkatan covid-19. Sebagai Kepsek saya sangat menghargai perjuangan mereka dan para orang tua, bahwa di dalam situasi tegang anak ini terus mengikuti kegiatan belajar,” ujar Jhon.

Jhon mengungkapkan, siswa-siswi angkatan 2021-2023 hebat, sebab di dalam situasi pandemi Covid-19 semua dapat bertahan, sebagaimana Motto SMKN 3 yaitu hidup sehat impian hebat.

Dia menjelaskan bahwa awal pengusulan jumlah peserta ujian ke Kemendikbudristek Jakarta sebanyak 316 orang, namun setelah diverifikasi, 8 anak keberadaannya tidak diketahui, bahkan sekolah mengerahkan setiap wali kelas untuk berkunjung ke rumah siswa tersebut. Hasilnya pun sama, sehingga peserta ujian berkurang menjadi 308, tapi berjalannya waktu, juga mengalami penurunan menjadi 298 dan hari ini total anak yang berhasil mengikuti acara penamatan sebanyak 295 setelah mengikuti ujian sekolah berbasis nasional.

“Saya berharap esok, Jumat (5/4/2023), semua kelulusan siswa-siswi bisa diraih 100 persen, itu menjadi doa bersama terlebih para orang tua sebab anak merupakan harapan bagi setiap keluarga. Untuk itu wajib sebagai orang tua menyekolahkan anak setinggi-tingginya,” tuturnya.

Sedangkan Ketua Komite SMK N 3 Mimika, Jhon Ade Matulessi mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi siswa-siswi yang sudah bertahan hingga hari ini. Ke depan para orang tua perlu menyekolahkan anak-anaknya di sekolah kejuruan, agar menjadi SDM yang siap dipakai.

“Saat ini sekolah SMKN 3 menjadi sekolah yang terkemuka, sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap, contohnya mobil ambulance SMK Negeri 3 sudah ada. Terima kasih juga kepada kepala sekolah,” ujarnya.

Ketua Panitia kegiatan, Monika Simon Kendek saat membacakan laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari ujian kompetensi dan ujian sekolah.

Penamatan ini merupakan awal baru untuk (siswa terjun ke) dunia kerja. Ada pepatah mengatakan ada pertemuan ada perpisahan, yang terpenting adalah siswa-siswi dapat menyimpan kenangan yang baik di SMK N 3, sekiranya silaturahmi dengan sekolah tidak dilupakan,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy