SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pihak keamanan dari Polisi dan semua masyarakat Distrik Mimika Barat Jauh hingga saat ini terus melakukan pencarian kepada anggota Panitia Pengawas Pemilu Distrik (Pandis) yang hilang.

Hal ini diungkapkan saat pertemuan Kapolsek Mimika Barat Jauh Ipda Yani, Kepala Distrik Mimika Barat Jauh Ever Kukuareyau, Ketua Bawaslu Mimika Frans Wetipo, Ketua Pandis Mimika Barat Jauh serta keluarga bersama pihak Polres Mimika, di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Senin (26/2/2024).

Kapolsek Mimika Barat Jauh, Ipda Yani menjelaskan saat ini beberapa pihak akan melakukan koordinasi bersama Polres Mimika, sebab pencarian anggota Pandis yang hilang tersebut belum mendapat titik terang.

“Karena sampai sekarang kami belum menemukan apa penyebabnya anggota Pandis tersebut hilang sehingga kita minta solusi dari Polres Mimika. Tidak ada permasalahan, tidak adanya ancaman sedikitpun selama tahapan Pemilihan Umum (Pemilu), dan hilangnya anggota Pandis tersebut di luar perkiraan semua pihak,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Distrik Mimika Barat Jauh, Ever Kukuareyau menyebutkan saat ini difokuskan pada pencarian yang didukung semua pihak termasuk dukungan masyarakat setempat.

“Saya juga belum bisa simpulkan apa-apa dari kejadian hilangnya pak Daud, yang jelas kita ikut membantu dalam pencarian,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dari isu-isu yang didengar dari masyarakat setempat pernah terjadi kehilangan orang seperti ini, namun ini hanya isu dan belum bisa dinyatakan kebenarannya, dan hingga saat ini pemanggilan secara ritual telah dilakukan sebanyak 2 kali.

“Kami berharap ada solusi dari Polres Mimika, karena kejadian ini menjadi perhatian kami dan masyarakat setempat,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Mimika, Frans Wetipo menjelaskan bahwa pertemuan tersebut merupakan permintaan dari pihak keluarga.

“Kemarin kan kita sudah bertemu dengan keluarga, namun permasalahannya belum ditemukan dan pihak keluarga minta ketemu dengan semua pihak, jadi kali ini kita fasilitasi,” ujarnya.

Dia berharap dengan adanya pertemuan tersebut bisa mendapatkan solusi dan titik terang atas kejadian hilangnya anggota Pandis tersebut.

“Kita hanya berharap kejadian ini bisa segera mendapatkan jawabannya, karena sampai sekarang kita juga belum mengetahui apa yang terjadi sehingga pak Daud menghilang,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy