SALAM PAPUA (TIMIKA) - Anggota DPRD Kabupaten Mimika, Thobias Albert Maturbongs meminta agar Pemkab Mimika fokus benahi layanan pendidikan dan kesehatan untuk wilayah pegunungan dan pesisir.

Thobias mengatakan, yang perlu dibenahi ialah layanan, sarana dan prasarana kesehatan. Demikian juga halnya dengan pendidikan, yang harus dibenahi adalah sumber daya manusia (SDM), rumah layak huni bagi tenaga guru dan transportasi yang bisa memperlancar urusan para guru.

"Dari pada bangun jembatan yang hanya dalam wilayah kota, lebih baik fokus benahi layanan pendidikan dan kesehatan untuk wilayah pegunungan dan pesisir," tegas Thobias, Kamis (4/7/2024).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini menuturkan, bahwa hingga saat ini banyak petugas kesehatan dan guru di wilayah pegunungan dan pesisir, masih ada yang tinggal di rumah yang sama sekali tidak layak. Para guru kerap keluhkan sulit mendapatkan transportasi ketika hendak kembali ke kota, saat mengambil bahan makanan (Bama), ataupun urusan kedinasan.

"Saya pernah lihat sendiri rumah tenaga kesehatan di wilayah Kampung Mapar, Distrik Mimika Barat Jauh, kondisinya sangat memprihatinkan dan tanpa jendela. Bahkan para perawat terpaksa tidur di ruang rawat untuk rawat pasien," kata anggota Komisi A ini.

Thobias berharap, selama Bupati Johannes Rettob menjabat, bisa membenahi dua bidang prioritas tersebut.

"Saya harapkan selama beberapa waktu ke depan, Bupati Rettob bisa benahi hal itu. Bangun jembatan yang estetik boleh saja, tapi kalau tidak terlalu mendesak, harus ditunda dan fokus untuk dua hal itu" katanya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi