SALAM PAPUA (TIMIKA) - Atlet Muaythai asal Timika, kontingen Provinsi Papua Tengah, berhasil meraih 12 medali pada PON XXI Aceh-Sumut 2024.  Pelatih Kepala Muaythai, Jones Ayorbaba mengatakan, atlet Muaythai Timika berhasil sabet 2 medali perak dan empat perunggu, akan tetapi ada medali beregu, sehingga total medali yang diraih menjadi.

"Jumlah keping medali yang kita dapat ada 12, ada 2 perak dan 4 perunggu. Ada tiga atlet kita yang tidak dapat perunggu," ujar Jones di Bandaran Mozes Kilangin, Selasa (17/9/2024).

Disebutkan, dua medali perak diraih dari kelas seni dan muaythai aerobik kategori putri. Sedangkan perunggu diraih dari kelas seni putra, muaythai aerobik putra, fight kelas 51 kg dan 54 kg.

Atas prestasi ini, kata Jones dirinya merasa syukur dan terima kasih atas campur tangan Tuhan, sehingga atlet muaythai Timika bisa bertanding dengan baik. Terima kasih juga disampaikan kepada KONI Timika yang telah mensupport tim muaythai.

"Atlet-atlet dari Provinsi lainnya sangat luar biasa, tetapi karena campur tangan Tuhan, makanya atlet kita dari Mimika juga bisa raih medali," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Timika, Simon Kasamol menyampaikan apresiasi terhadap seluruh atlet Muaythai atas medali yang diraih. Raihan medali perak dan perunggu untuk tingkat PON, merupakan prestasi yang luar biasa dan patut dihargai.

Menurut Simon, prestasi yang diraih merupakan motivasi bagi KONI untuk fokus menambah jam terbang bagi setiap atlet.

"Provinsi Papua Tengah baru pertama tampil di PON, dan untuk cabor Muaythai diwakili oleh atlet asal Timika. Ini merupakan penghormatan besar, karena telah mengangkat nama Provinsi," tutup Simon.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi