SALAM PAPUA (TIMIKA) – Sebagai wujud integrasi pembelajaran mata kuliah (MK) Kewarganegaraan dengan pemberantasan Narkotika, Politeknik Amamapare Timika menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Adapun kegiatan ini membahas secara khusus terkait topik Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), yang mana materinya disampaikan langsung oleh Kepala BNN Kabupaten Mimika, Kompol Mursaling,S.H,M.H, yang diselenggarakan di aula Politeknik Amamapare Timika, Jalan C Heatubun, Kwamki, Distrik Mimika Baru, Senin (13/5/2024).

Saat pembukaan kegiatan, mewakili Direktur Politeknik Amamapare Timika, Ir. Herman Dumatubun,S.T,M.T, Wakil Direktur I Bidang Akademik, Jimmy Rungkat menyambut baik kegiatan positif tersebut.

Disebut positif, karena memang materi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa agar dapat menjauhkan diri dari jebakan dan cengkraman barang haram Narkoba tersebut. Di samping itu, setelah menerima dan memahami materi ini, mahasiswa dapat diperkuat identitas mereka sebagai Warga Negara yang baik dalam menjaga sesamanya dari pengaruh Narkoba.

“Kami mengapresiasi inovasi Dosen MK Kewarganegaraan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Dari sisi akademik, selain ini sebagai perwujudan integrasi pembelajaran, juga menjadi bagian dari realisasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digaungkan begitu keras oleh Menristekdikti. Terima kasih kepada pihak BNN Kabupaten Mimika yang telah bersedia menyampaikan materi pada kegiatan ini,” ujarnya.

Kepala BNN Kabupaten Mimika, Kompol Mursaling,S.H,M.H dalam pemaparan materinya, menjelaskan secara detail jenis-jenis Narkotika yang dilarang keras beredar dan dikonsumsi.

Mursaling juga menyampaikan berbagai langkah agar mahasiswa terhindar dari bahaya Narkoba, dan sekaligus mengimbau agar mahasiswa juga turut berperan aktif dalam mencegah peredaran Narkoba di Kabupaten Mimika.

Sementara itu, di akhir kegiatan, Dosen MK Kewarganegaraan Politeknik Amamapare Timika, Theresia Yunie Puspita,S.Psi,M.M mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan selain untuk menjelaskan materi tentang bahaya Narkoba demi mengejawantahkan diri mahasiswa sebagai warga negara yang baik, juga sebagai landasan bagi mahasiswa saat melakukan sosialisasi bahaya Narkoba kepada siswa-siswi di sekolah-sekolah di Timika.

“Kegiatan ini sebenarnya bukan hanya sebatas mahasiswa menerima materi tentang P4GN agar mereka terhindar dari bahaya Narkoba, tapi materi yang didapatkan akan menjadi bahan dasar mahasiswa ketika melakukan sosialisasi P4GN ke sekolah-sekolah di Timika sebagai wujud integrasi pembelajaran dengan Pengabdian kepada Masyarakat. Kami sangat terharu dan bangga dalam kegiatan hari ini Kepala BNN Kabupaten Mimika yang turun langsung menyampaikan materi,” tuturnya. (Red)