SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tim Frisbee Papua Magical Mambruk mengikuti pertandingan Turnamen Nusantara Cup di Bali pada tanggal 7-8 April 2023 lalu.

Nusantara Cup merupakan turnamen terbesar yang menyatukan tim-tim terbaik di tingkat Asia Tenggara yang diadakan setiap tahun di Bali.

Ultimate (Frisbee) merupakan olahraga tim yang dimainkan menggunakan piring terbang dengan dua tim yang terdiri dari tujuh pemain setiap timnya. Yang unik dari olahraga ini adalah tidak adanya wasit (self-officiated) dan sifat non-kontak, bahkan di pertandingan tingkat Internasional.

Hal tersebut mewajibkan pemain untuk mengetahui aturan cara bermain serta bertindak dengan penuh perhatian dan adil. Tidak hanya di dalam lapangan, bahkan di luar lapangan para pemain harus berpegang pada Spirit of the Game.

Di Indonesia sendiri, Ultimate sangat berkembang pesat khususnya di wilayah Jakarta dan Bali. Perkembangan Ultimate di Papua belakangan ini sangat dipengaruhi oleh keinginan sang pelatih yaitu Mrs. Rachel Lorenzen yang bertujuan untuk menyebarkan olahraga yang dia sukai kepada masyarakat sekitar khususnya di Papua.

Pelatih Rachel merupakan seorang pemain yang bersaing di kelas internasional dalam berbagai kesempatan, bahkan pernah bermain untuk mewakili Swiss, Australia dan Indonesia. Pada awalnya di tahun 2021, Ultimate hanya diperkenalkan kepada karyawan PT Freeport Indonesia dan PT Sandvik yang bermain di Lapangan Golf Kuala Kencana.

Kemudian pada tahun 2022, Ultimate diperkenalkan ke masyarakat Kuala Kencana dan selanjutnya kepada masyarakat umum di Kota Timika. Demam olahraga menyebar dengan cepat seperti api yang diberi bensin. Anak-anak, dewasa muda dan orang-orang dari semua lapisan masyarakat datang dan bergabung di olahraga ini dan terbentuklah Tim yang bernama “The Magical Mambruk” yang merupakan tim pertama dari Papua yang mewakili di pertandingan Nusantara Cup di Bali.

Pada Februari 2023, Tim “The Magical Mambruk” yang merupakan tim pertama gender campuran dari Papua memenangkan tawaran untuk menghadiri Piala Nusantara tahun ini. Pada tahun sebelumnya, dua antusias Ultimate di Timika yaitu Novan dan Catherine disponsori untuk hadir dan bersaing dengan tim dipertandingan Nusantara Cup 2022 bersama dengan pelatih Rachel yang bertindak sebagai duta besar untuk Provinsi Papua.

Momen ini diharapkan dapat lebih memicu gairah mereka dan diharapkan lebih termotivasi karena sudah mendapatkan pengalaman di turnamen Tingkat Asia Tenggara.

Pada saat ini, Pelatih Rachel, Novan dan Catherine sudah merekrut sebuah tim dengan gender campuran pemain berusia 18 di Papua yang mewakili Papua di Nusantara Cup 2023 dan terlihat peningkatan terhadap jumlah pemain maupun kualitas dari permainan tim yang baru mereka bentuk.

Turnamen Nusantara Cup berlangsung di Uluwatu Bali, mulai tanggal 7-8 April 2023 dengan total 15 tim yang berasal dari 4 negara yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia dan Vietnam dengan minimal 15 pemain per tim.

“Kami berharap banyak dukungan dari Pemerintah Daerah, sehingga kita bisa terus meningkatkan minat olahraga ini. Kami juga akan terus berusaha untuk terdaftar di KONI untuk mendapatkan nama yang resmi,” harap Rachel melalui sambungan telepon, Jumat (21/4/2023).

Lanjut Chaterine Abigail Kora, yang merupakan anggota tim dengan nomor punggung 25 ini mengatakan, tim The Magical Mambruk berangkat dari Mimika pada Rabu, 5 April 2023 dan kembali pada Senin 10 April 2023.

"Jadi saat pertandingan cup di Bali itu  kendalanya di lapangan. Kita susah untuk mendapatkan lapangan saat di Bali dan  pertandingan sebanyak 3 kali selama 2 hari. Kita lawan China, Vietnam dan Singapura ada juga dengan Bali dan menang 1 kali saat bertanding bersama vietnam, " katanya.

Ia juga menambahkan, permainan ini sangat menarik karena hampir sama seperti basket, tetapi harus lari lebih cepat. Dirinya yang juga merupakan pemain Basket sudah mengenal olahraga Frisbee sekitar satu tahun.

"Hanya saja untuk Nusantara cup ini kami tim hanya diberi waktu 2 bulan saja untuk berlatih, sehingga persiapannya juga belum maksimal,” jelasnya.

Sementara itu anggota tim lainnya Fernando Samy Kiwak dengan nomor punggung 16 berharap ke depannya, harus lebih banyak mengajak anak-anak Papua yang lain karena anak Papua memiliki banyak talenta dan mengenalkan olahraga yang baru ini ke masyarakat luas, sehingga bisa membangun potensi-potensi yang luar biasa khususnya di Mimika.

“Kami berharap olahraga ini bisa di kenal lebih luas oleh Pemuda-Pemudi Papua, dan pemerintah bisa melihat kami, sehingga kami tidak hanya bertanding ke luar Papua tetapi bisa bertanding antar Papua,” harapnya melalui sambungan telepon.

Diketahui, The Magical Mambruk adalah nama yang dipilih oleh tim untuk mewakili Papua yang merepresentasikan Budaya Papua.

“Mambruk” adalah salah satu jenis burung yang juga dikenal sebagai Merpati Biru Mahkota endemik di Papua. "Magical" mengungkapkan keinginan tim untuk membawa keajaiban orang Papua pada olahraga ultimate dan memenangkan pertandingan ditingkat tertinggi dengan mewakili pulau dan rumah mereka.

Dengan mengikuti turnamen di Bali, tim berharap untuk melanjutkan penyebaran Ultimate dan lebih mempopulerkan olahraga khususnya di Papua dengan harapan dapat mewakili Papua di ajang internasional suatu hari nanti.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy