SALAM PAPUA (TIMIKA) - Atlet Pelatnas atletik Mimika Agustinus Abadi Ndiken berhasil meraih medali perunggu untuk nomor lempar lembing putra ajang SEA Games 2023 yang berlangsung di Morodok Techno National Sports Complex, Phnom Penh, Kamboja, Senin (8/5/2023) lalu.

Prestasi tersebut Agustinus capai melalui lemparan lembing sejauh 66,20 meter yang membuatnya menjadi atlet Pelatnas Mimika pertama yang berdiri di atas podium SEA Games 2023.

Dalam rilis yang diterima salampapua.com, Jumat (19/5/2022), disebutkan bahwa keikutsertaan Agustinus dalam pesta olahraga Asia Tenggara ini pun merupakan kompetisi pertamanya di SEA Games sejak ia bergabung dalam pembinaan atlet Pelatnas yang dikelola oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan PT Freeport Indonesia (PTFI) sejak tahun 2022.

Sebelumnya, Agustinus telah menorehkan prestasi bagi Indonesia dengan memenangkan medali perak untuk Kejuaraan Trek dan Lapangan Thailand Terbuka 2022.

Agustinus mengaku bangga dapat mempersembahkan medali untuk Indonesia di ajang bergengsi seperti SEA Games 2023.

Meskipun sempat terdapat beberapa tantangan selama proses persiapan, rangkaian pelatihan dan pembinaan dari PB PASI dan PTFI sangat membantu dirinya untuk lebih percaya diri dan tetap fokus.

“Ke depannya saya berharap dapat memberikan penampilan yang lebih baik untuk Indonesia,” ujarnya.

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan, selama proses persiapan menuju SEA Games 2023 berlangsung, Freeport mendukung para atlet muda Papua dengan menyediakan fasilitas latihan berstandar internasional di Mimika Sport Complex (MSC), pelatih profesional asli Papua, layanan kesehatan dan nutrisi, akomodasi dan transportasi.

“PTFI bangga atas prestasi kontingen Indonesia, khususnya yang diraih oleh Agustinus di ajang SEA Games 2023. Prestasi ini menunjukan bahwa Papua memiliki potensi olahraga yang besar. Ke depannya, kami optimistis bahwa program pembinaan atlet yang kami lakukan akan semakin mengharumkan nama Indonesia,” kata Tony Wenas.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PB PASI Tigor M. Tanjung mengungkapkan, partisipasi atlet Pelatnas Mimika dalam ajang SEA Games 2023 merupakan bagian dari rangkaian pembinaan Pusat Pelatnas Mimika yang berjenjang, sehingga menambah jam terbang para atlet dalam kejuaraan internasional.

Papua dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya manusia unggul di bidang olahraga. Oleh karena itu, Pusat Pelatnas Mimika menaruh perhatian khusus untuk membekali para atlet dengan kemampuan atletik mumpuni yang dilengkapi dengan jiwa kompetitif, kecerdasan, kemandirian, dan kepemimpinan.

“Kerja sama dengan PTFI memungkinkan PB PASI untuk membangun cabang olahraga atletik di Indonesia sekaligus potensi atlet muda Papua. Terlebih, Pusat Pelatnas Mimika juga terbukti berhasil menorehkan berbagai prestasi di tingkat internasional. Kami percaya bahwa capaian terbaru ini dapat menjadi contoh bagi para atlet Papua lainnya yang ingin mengikuti jejak karier Agustinus,” ujar Tigor.

Editor: Jimmy