SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra,S.Si,M.Epid mengatakan bahwa pihaknya bersama PT Freeport Indonesia (PTFI) dan juga kontraktor akan mengirimkan alat-alat kesehatan ke Rumah Sakit (RS) di Waa-Banti pada tanggal 7 Mei 2023 untuk melengkapi peralatan di Rumah Sakit Pratama tersebut yang akan segera dioperasikan.

Reynold mengungkapkan bahwa pihaknya mencoba untuk melakukan pelayanan secara tahap demi tahap pada RS di wilayah Tembagapura tersebut.

Adapun beberapa pelayanan yang ada di RS Waa-Banti meliputi pelayanan rawat darurat, lima poli, layanan farmasi, laboratorium, ruangan operasi, rawat inap dan direktorat.

"Jadi tenaganya sudah siap, target kami dalam bulan Mei 2023 ini sudah dioperasikan. Intinya kan dia harus jalan pelan-pelan dulu, step by step, " ujar Reynold saat diwawancara di gedung Emeneme Yauware Timika, Jumat (5/5/2023).

Dia mengatakan, Rumah Sakit di Banti merupakan milik Pemkab Mimika, begitu juga dengan tenaga kesehatan dan pelayanannya semua dari Pemkab Mimika. Sementara untuk operasionalnya, Pemkab Mimika melalui Dinkes akan berkolaborasi dengan pihak PTFI dan YPMAK.

"Kami sudah beberapa kali lakukan pertemuan menyusun program kerja untuk dilaporkan ke Bapak Plt Bupati, supaya nanti tertuang dalam MoU dan diturunkan dalam PKS," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk tenaga kesehatan dan alat kesehatan di RS tersebut akan diatur dan disesuaikan.

“Kami didampingi oleh RSUD Mimika dan akan dibantu oleh Rumah Sakit Tembagapura, tim dari PTFI pun membantu kami,” tuturnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy