SALAM PAPUA (TIMIKA) - Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Albertus Tsolme mengatakan bahwa jaringan internet yang menggunakan Very Small Aperture Terminal (VSAT) di Potowayburu, Distrik Mimika Barat Jauh, telah diaktifkan kembali.

“Kami sudah mengaktifkan kembali jaringan internet di Potoway,” ujarnya saat ditemui di Hotel Grand Tembaga Timika, Selasa (1/8/2023).

VSAT ini sebelumnya telah dibangun pada tahun 2020 di 3 titik di daerah pesisir Mimika yakni di Potowayburu, Agimuga dan Jita, namun usai PON di Papua jaringan telekomunikasi ini diketahui tidak berfungsi.

Dia menjelaskan bahwa jaringan dimatikan disebabkan Diskominfo Mimika belum melakukan pembayaran kepada pihak ketiga yaitu PT. Lintas Arta, akibat dari pandemi covid-19 dan kebijakan lainnya.

“Setelah penyelesaian administrasi maka bisa langsung diaktifkan, hanya saja untuk Agimuga dan Jita belum bisa kami aktifkan, karena cuaca, ke Agimuga dan Jita belum bisa kami tempuh," ungkapnya.

Ia berharap, dengan kembali berfungsinya VSAT di Distrik Mimika Barat Jauh, akan memudahkan masyarakat di sana dalam berkomunikasi dan membantu tugas pemerintahan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Kami juga berharap untuk masyarakat di Agimuga dan Jita untuk bersabar dan jangan merusak VSATnya,” harapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy