SALAM PAPUA (TIMIKA) - Daud Kudiai yang merupakan salah satu anggota Panitia Pengawas Distrik (Pandis) Pemilu 2024 di Potowaiburu, Distrik Mimika Timur Jauh, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, dikabarkan hilang pada 11 Februari 2024.

Koordiv SDM, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Mimika, Yusuf Heru Sraun mengungkapkan telah melaporkan peristiwa tersebut ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika untuk dilakukan pencarian.

"Yang bersangkutan hilang tanggal 11 Februari dan kami terima laporan tanggal 12 Februari. Kami juga telah melapor ke SAR Timika untuk melakukan pencarian," ungkap Yusuf, Sabtu (17/2/2024).

Yusuf mengaku berdasarkan informasi yang diterima, yang bersangkutan hadir saat Pandis melakukan pertemuan di kantor Distrik Potowaiburu. Saat pertemuan, yang bersangkutan keluar dari ruang menuju arah hutan, namun kemudian tidak kembali.

"Selain lapor ke SAR, hari ini pihak keluarga juga berupaya mencari sendiri secara adat, karena mereka menganggap hilangnya korban itu sangat mistis," ujarnya.

Untuk itu, Bawaslu Mimika mengimbau agar pihak keluarga terus berkoordinasi dengan tokoh adat dan masyarakat Potowaiburu agar dapat melakukan prosesi adat setempat.

Sementara Pelaksana Harian Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Charles Y. Batlajeri mengaku telah menerima laporan tersebut. Namun pihaknya kesulitan memastikan kejadian tersebut, karena operasi SAR harus mendapatkan konfirmasi yang jelas.

Meski demikian, SAR tetap melakukan koordinasi bersama Bawaslu dan Pos Potowaiburu untuk memastikan titik hilangnya korban.

"Kejadian hilangnya korban itu tanggal 11 Februari dan kami baru terima laporan tanggal 15 Februari, itu berarti jangka waktunya cukup lama. Kami juga kesulitan mendapatkan konfirmasi pasti, baik dari pelapor maupun dari masyarakat di Potowaiburu," kata Charles saat dikonfirmasi salampapua.com via telepon.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy