SALAM PAPUA (TIMIKA) - Massa yang merupakan pendukung beberapa calon legislatif terlibat bentrok dengan aparat keamanan di depan gedung Eme Neme Yauware, Jalan Perintis, Kelurahan Timika Indah,  Kabupaten Mimika, sekira pukul 21.02 WIT, Jumat (8/3/2024).

Bentrok terjadi lantaran massa menerobos barisan aparat dan memaksa masuk ke dalam gedung Eme Neme Yauware sebagai tempat pelaksanaan pleno rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Mimika.

Bentrokan yang berlangsung sekitar 20 menit ini memanas setelah massa melempari aparat keamanan menggunakan batu sehingga dipukul mundur dengan gas air mata dan tembakan peringatan.

Berdasarkan pantauan lapangan, sejumlah aparat keamanan terkena batu yang dilempar massa yang telah melakukan orasi sejak siang di depan gedung Eme Neme Yauware.

Akibat peristiwa ini, pelaksnaan pleno di dalam gedung Eme Neme Yauware sempat terhenti dan akhirnya dilanjutkan kembali pukul 21.57 WIT.  Sementara puluhan personel TNI-Polri tetap bersiaga di depan gedung yang merupakan icon Kabupaten Mimika tersebut. 

Beberapa hari sebelumnya, massa berorasi menuntut perolehan suara dari beberapa calon legislatif  yang berkurang dan hilang agar dikembalikan. Sebab perolehan suara saat pleno di tingkat Distrik sangat jauh berkurang dibandingkan dengan hasil pleno tingkat Kabupaten Mimika.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy