SALAM PAPUA (TIMIKA) – Sebanyak 528 tenaga honorer K2 formasi khusus Pemkab Mimika akan disumpah jabatan dan dilantik Bupati Mimika Johannes Rettob pada besok, Senin (15/7/2024).

Bupati Mimika akrab disapa John Rettob ini mengatakan bahwa setelah pelaksanaan apel pagi, Senin (15/7/2024), dirinya akan melakukan sumpah jabatan kepada 528 tenaga honorer K2 Pemkab Mimika dan kemudian menyerahkan SK jabatannya.

“Jadi besok kita akan apel pagi seperti bisa, kemudian kita akan lanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan bagi para CPNS yang formasi K2 tahun 2021 silam, yang semestinya jatahnya 600 orang namun dikurangi 72 orang (yang dibatalkan). Bersama dengan mereka juga akan dilakukan bagi beberapa PNS yang belum melakukan sumpah jabatan,” ungkap Bupati John Rettob,” Minggu malam (14/7/2024).

Di sisi lain, Dia mengungkapkan terkait SK PPPK bagi sekitar 1700-an tenaga kesehatan dan sekitar 400-an tenaga pengajar (guru), pihaknya masih terus melakukan proses pengecekkan.

Dalam hal ini, untuk tenaga kesehatan hampir 100 persen selesai, sementara untuk guru masih dalam proses penelusuran lantaran ada beberapa guru yang harusnya telah lulus tes PPPK tapi kemudian diberhentikan oleh Dinas Pendidikan.

“Untuk guru-guru PPPK ini terjadi ‘mis’ sebenarnya. Jadi begini, pembukaan lowongan PPPK guru ini kan berdasarkan kebutuhan guru bidang studi tertentu yang diminta oleh sekolah-sekolah tertentu dan kemudian kita ajukan ke KemenpanRB. Setelah itu KemenpanRB menyetujuinya berdasarkan hasil verifikasi. Artinya penempatan guru-guru PPPK ini sebenarnya sudah tidak bermasalah. Persoalannya sekarang kenapa SK tidak keluar, karena katanya (Dinas Pendidikan, Red) penempatannya bermasalah, ini yang akan kita telusuri kenapa penampatannya bermasalah,” tutupnya.

Penulis/Editor: Jimmy