SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, Yohana Paliling menjelaskan, realisasi fisik di Kabupaten Mimika tahun anggaran 2024 masih rendah. Hal itu dikarenakan sebagian besar pekerjaan fisik yang sementara berjalan masih pada tahapan perencanaan.

“Hasil monitoring kami terakhir di Bulan Juli itu memang masih kecil realisasinya, sebab pekerjaan fisik di tahun 2024 ini masih dalam tahapan perencanaan,” ujarnya Saat dihubungi salampapua.com, Rabu (10/7/2024).

Ia menjelaskan, untuk angka pasti realisasi, dirinya belum dapat menyebutkannya, dikarenakan ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum selesai menginput pekerjaan di Bulan Juli. Namun untuk pekerjaan tahun lalu saat ini telah berjalan, karena semua pekerjaan merupakan pekerjaan lanjutan.

“Kalau pekerjaan yang lalu perencanaannya sudah ada ataupun pekerjaan lanjutan, tidak perlu lagi menunggu. Artinya mereka sudah berjalan,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, Bappeda telah menerima surat dari Ketua DPRD untuk segera memasukkan dokumen untuk membahas APBD-P, dan semua OPD juga telah disurati untuk menyiapkan usulan APBD-P 2024.

“Kami kasih waktu di minggu ini semua OPD, segera memasukkan usulan untuk anggaran APBD-P, dan setelah itu kita akan mulai pembahasan,” ungkapnya.

Ia berharap, semua pekerjaan dapat berjalan lebih cepat, bahkan pihaknya pun telah menyampaikan kepada pimpinan OPD, untuk segera melaporkan apabila sekiranya ada pekerjaan yang memang tidak dapat dikerjakan pada tahun 2024.

“Kami minta OPD laporkan, kalau pekerjaan 2024 tidak bisa dikerjakan. namanya kalau ada halangan kita tidak tahu, jangan dipaksakan, jadi kegiatan yang tidak bisa dikerjakan dapat kita geser anggarannya di APBD-P,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi