SALAM PAPUA (TIMIKA) –  DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, resmi mendaftarkan 23 Bakal Calon Anggota Legislatifnya (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Puncak, Minggu (14/5/2023).

Ketua DPC Gerindra Kabupaten Puncak, Thomas Tabuni,S.IP kepada salampapua.com menyebutkan bahwa 23 Bacaleg yang didaftarkan tersebut dibagi di 4 daerah pemilihan (Dapil), yang mana untuk Dapil 1 ada 9 Caleg yang terdiri dari 6 laki-laki dan 3 perempuan, Dapil 2 sebanyak 3 laki-laki dan 1 perempuan, Dapil 3 sebanyak 5 laki-laki dan 2 perempuan, serta di Dapil 4 ada 2 laki-laki dan 1 perempuan.

“Puji Tuhan hari ini sekira pukul 17.35 WIT secara resmi kita mendaftar masing-masing 4 Dapil. Semua kuota kita lengkap termasuk keterwakilan perempuan. Puji Tuhan KPU juga mengatakan bahwa  dari seluruh bakal calon kami sudah lengkap,” ungkap Thomas di Kantor Sekretariat DPC Gerindra Puncak di Jalan Samratulangi, Kelurahan Inauga, Distrik Wania, Kabupaten Mimika.

Menurut dia, Gerindra sangat yakin bisa memperoleh kemenangan, sebab semua kader Gerindra merupakan figur-figur berpengalaman, bertanggung jawab dan sangat diandalkan.

“Partai Gerindra di Puncak punya record yang bagus dan memiliki pengalaman, jadi Gerindra tidak diragukan untuk meraih kursi terbanyak,” ujarnya penuh optimis.

Disampaikan bahwa sebelum mendaftar secara resmi, banyak tantangan dan kendala yang dihadapi pada saat menginput berkas secara online. Namun saat ini semuanya telah terdaftar di kantor KPU Kabupaten Puncak.

“Selama ini kader-kader Gerindra di Puncak sudah bekerja keras. Saya sangat mengapresiasi semangat semua kader dan pengurus DPC Gerindra di Puncak,” katanya.

Dia mengungkapkan, pada Pemilu periode sebelumnya, Gerindra meraih 4 kursi di DPRD Puncak dan yang menjadi Ketua DPRD adalah dari kader Gerindra.

“Harapannya martelu (palu, Red) yang saat ini digenggam Gerindra tidak berpindah, tapi tetap bertahan. Itu keinginan kami bersama,” tutupnya.

Sementara Koordinator Bacaleg Gerindra Kabupaten Puncak, Torius Tabuni menyampaikan puji dan syukurnya, berkat campur Tangan Tuhan, pendaftaran 23 Bacaleg ke KPU dapat berjalan lancar.

“Karena berkat campur Tangan Tuhan, makanya kami bisa memenuhi sistem aplikasi. Padahal kami belum mengikuti pelatihan untuk mengisi aplikasi tersebut, tapi dengan penuh optimis dan percaya penuh akan kuasa Tuhan, akhirnya KPU menyatakan berkas dari 23 bakal calon kami bisa diterima dan telah terdaftar di KPU dengan maksimal. Makanya kami sangat bersyukur atas berkat Tuhan,” tegas Torius.

Sedangkan salah satu Bacaleg perwakilan dari Perempuan yang diusung Gerindra Kabupaten Puncak, Vera Komber menyampaikan, dirinya percaya bahwa ke depannya partai Gerindra bisa membangun Kabupaten Puncak dengan adanya keterlibatan perempuan-perempuan yang hebat.

Dirinya juga optimistis perempuan Kabupaten Puncak sanggup membangun kampungnya di bidang pendidikan, kesehatan maupun bidang lainnya demi masa depan generasi muda dan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Puncak.

“Kita tahu bahwa dari rahim perempuan Papua, terutama perempuan Puncak bisa melahirkan generasi-generasi yang bijak. Saya yakin saat inilah kesempatan kami sebagai perempuan untuk bangkit membangun negeri kita sendiri. Untuk itu saya mohon doa supaya semua proses bisa kita lalui dengan baik dan memperoleh kemenangan di tahap selanjutnya,” ujar perwakilan dari Dapil 3 tersebut.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy