SALAM PAPUA (TIMIKA) – Tim Futsal Kabupaten Mimika berangkat ke Gorontalo, Senin (29/5/2023), mewakili Provinsi Papua untuk berlaga di tingkat Nasional yang diselenggarakan di Provinsi Gorontalo pada tanggal 2-11 Juni 2023 mendatang.

epala Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika Jacob Toisuta mewakili Plt Bupati Mimika Johannes Rettob, saat melepas keberangkatan 17 pemain dari Tim Futsal Kabupaten Mimika, berharap agar tim ini dapat memperoleh prestasi dan juga sekaligus membawa nama baik Kabupaten Mimika.

“Pesan dari bapak Plt Bupati Mimika agar tim futsal Kabupaten Mimika bisa mempersembahkan prestasi demi mengharumkan nama Kabupaten Mimika, serta selalu menjaga kekompakan dan nama baik kabupaten Mimika selama di Gorontalo,” ujar Jacob saat melepas keberangkatan 17 pemain dari Tim Futsal Kabupaten Mimika di Bandar Udara Mozes Kilangin Timika, Senin (29/05/2023).

Jacob menjelaskan bahwa para pemain di tim Futsal ini adalah orang-orang terpilih yang akan bertanding mewakili Papua dari 34 Provinsi yang bertanding di tingkat Nasional tersebut.

"Kalian terpilih membawa nama Papua. Jaga kekompakan tim, jangan karena ego masing masing kelompok akhirnya terbengkalai. Jaga juga sportivitas, saling memberi semangat, tidak ambisi. Tunjukkan potensi kalian sehingga bisa dilirik dan bisa bermain di level yang lebih tinggi. Permainan futsal ini bukan individu tapi kekompakan tim," tuturnya.

Sementara itu Plt Ketua ASKAB Mimika, Michael Renwarin menekankan agar tim Futsal Kabupaten Mimika lebih percaya diri saat bermain.

"Percaya diri pada saat bermain itu sangat penting. Bermain secara baik karena kalian membawa nama baik Kabupaten Mimika dan Papua," ujarnya.

Sedangkan Asisten pelatih Tim Futsal Kabupaten Mimika, Edoardus Soway mengatakan, 17 pemain yang dibawa adalah murni pemain-pemain lokal Mimika.

“Dengan pemain dan pelatih lokal tak membuat kami gentar menghadapi tim dari provinsi-provinsi yang akan ikut dalam babak 34 besar Nasional. Target untuk mempersembahkan prestasi selalu kami tanamkan kepada seluruh pemain,” ungkap Edo.

Edo menjelaskan, saat berlaga di babak 34 besar Nasional di Gorontalo ini, tim Futsal Kabupaten Mimika kehilangan tiga pemain inti, yakni pemain kembar Ronaldo Waukateyau yang sudah kembali ke skuad Tim Futsal Liga Pro Black Steel, sementara penjaga gawang utama Fery Ardiansyah dan Josua Mambenar terpaksa tidak dibawa ke Gorontalo karena sedang mengikuti pendidikan Bintara Polri di Jayapura.

“Walau kehilangan tiga pilar inti, kami masih yakin pemain pengganti tidak beda jauh kemampuannya dengan pemain inti yang tidak ikut ke Gorontalo. Kami mohon doa dan dukungan dari semua masyarakat Mimika agar tim bisa mempersembahkan prestasi,” ujarnya.

Diketahui, Tim Futsal Kabupaten Mimika berangkat ke Gorontalo dari Mimika via Jayapura, Sorong dan Manado, kemudian dari Manado akan menempuh pejalanan darat menuju Gorontalo. Tim Futsal Kabupaten Mimika yang mewakili Provinsi Papua baru akan bertanding pada tanggal 4 Juni 2023 menghadapi Tim Futsal Provinsi Maluku Utara yang berlangsung di GOR David Tony Provinsi Gorontalo.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy