SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika, Dominggus Robert Mayaut mengatakan, pihaknya bersama dengan yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), akan meninjau jembatan Waa Banti, Distrik Tembagapura.

Hal ini merupakan tidak lanjut pertemuan antara YPMAK, PT Freeport Indoensia (PTFI) dan Dinas PUPR di Horison Ultima beberapa waktu lalu

“Kalau tidak ada kendala tanggal 5 juli kami dan YPMAK akan turun ke sana (Waa Banti). Namun akan kita koordinasi lagi dengan pihak PTFI,” ujar Robert.

Ia menjelaskan, tujuan ia ke Waa Banti dikarenakan pihaknya diminta oleh YPMAK dan PTFI, hntuk melihat dan menilai konstruksi jembatan, sebab saat ini PTFI sementara membangun jembatan pasca rusak dihantam longsor beberapa waktu lalu.

“Kami hanya diminta untuk memberikan penilaian. Contohnya jembatan itu hanya bisa menampung beban 10 ton, maka semua yang melintas harus memiliki beban dibawa dari 10 ton. Dan jika lebih maka akan ambruk, hal-hal semacam itu yang akan di lakukan oleh PUPR,” jelasnya.

Kedatangannya ke Waa Banti akan mengdandeng Badan Perencanaan Becana Daerah (BPBD), sebagaimana arahan langsung dari Bupati Mimika.

“Karena nanti BPBD yang memberikan bantuan, jadi kami sama-sama k Waa Banti,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi