SALAM PAPUA (TIMIKA)- Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Liora Janella Amungin Manurung pada pagelaran Bali International Choir Festival (BICF) XIII di Bali yang digelar sejak 21-27 Juli 2024. Event paduan suara berskala international ‘The 13th Bali International Choir Festival (BICF) 2024’ yang digelar di Dharma Negara Alaya (DNA), Jalan Mulawarman, Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, berlangsung meriah.

Event paduan suara tahunan ini diikuti 117 peserta dari 13 negara seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, China, Korea Selatan, Sri Lanka, Slovenia, Afrika Selatan, Malaysia, Filiphina, Vietnam, Thailand dan Singapura serta peserta dari 20 provinsi di Indonesia.

Mimika, Papua Tengah sendiri diwakili oleh Liora Janella Amungin Manurung, putri sulung Randy Manurung dan Nyonya Lumongga Gultom dari Timika, Mimika, Papua Tengah.

Liora atau biasa dipanggil Oya, adalah siswi Kelas IX SMP Kristen Kalam Kudus Timika, berhasil meraih prestasi internasional dengan hasil medali emas pada Kategori Youth Solo Performance dengan nilai 81,33.

Pada event tahunan ini, Liora Manurung menyanyikan lagu Stand Up For Love milik Destiny Child dengan aransemen musik yang di buat berbeda dari aslinya oleh Ajier T-five, dimana terselip nuansa sound etnik Papua di bagian tengah lagu, dan ditambah koreo khas Papua sehingga membuat lagu ini semakin berbeda pada lomba tersebut. Apalagi ditopang dengan suara khasnya, Oya mampu membius dewan juri dari Philipina, Thailand dan Amerika Serikat hingga berbuah medali emas.

Dengan bimbingan Coach Agis Kania, Liora tampil memukau didukung teknik vocal dan rasa percaya diri yang tinggi, dan juga kostum yang cantik dan menawan karya Lukman Abadi.

Kepada Salampapua.com, Cucu Pdt Abraham Manurung inipun berbagi cerita pengalamannya menjadi peserta solo, bersaing dengan peserta dari Indonesia dan mancanegara.

"Senang banget bisa mewakili Mimika, Papua Tengah dan bisa meraih medali emas di ajang internasional BICF. Ini sebenarnya tidak mudah ya karena pesertanya juga bagus-bagus.  Walaupun kemarin sempat ada sedikit trouble sebelum tampil. Karena sebelum perform itu Oya sudah 2 hari flu berat dan leher berdahak dan ada kejadian sebelum masuk stage jubah Oya copot karena kejepit di pintu masuk. Tapi puji Tuhan, Oya tidak ke distract sama semua permasalahan tersebut, dan bisa selesaiin perform dengan baik walaupun pada saat perform juga sempat ada yang crack di high not. Bahkan ada 1 atau 2 bagian-bagian awal yang terdengar shaking. Tapi semua part sulit dan high not yang lain bisa Oya selesaikan dengan baik, dan akhirnya bisa dapat medali emas mewakili Mimika Papua Tengah," ujarnya sembari tertawa.

Liora tidak lupa bersyukur kepada Tuhan Yesus dan semua pihak yang telah mendukung dan memberikan support bagi dirinya. Makasih juga Tante Agis sebagai Coach vocalku dan juga Om Ito, Kakak Jube yang sudah rela bolos sekolah untuk memake-up Liora.

"Juga untuk Om Lukman Abadi yang sudah bikinin baju yang amazing banget, yang gak kepikiranlah sama kita. Ini juga tidak mungkin kalau tidak ada Mama Sisil yang selalu memberikan banyak support sejak awal Oya mau ikut lomba. Juga Bapa Uda Joe, Mama Be, Ua Selly dan Gisel yang sudah rela-relain datang ke Bali buat nonton, kasih semangat Oya.

Juga buat seluruh Keluarga Besar Manurung, Gultom, MaHa yang selalu men-support dan doain Oya.

"Terlebih buat Papa, Mama, Opung Papi dan Opung Mami. Thank you sudah support terus. Juga buat Aiko,"ungkapnya bahagia.

Oya juga tidak lupa berterima kasih kepada sekolahnya SKKK Timika.

"Terima kasih buat Ibu Risma dan Ibu Irene yang sudah kasih izin dan yang selalu support buat Janella di bidang karir menyanyi. Maaf ya semuanya, kalau Oya belùm bisa memenuhi ekspektasi kita semua. Tapi ke depannya pasti akan lebih baik,"paparnya.

"Dan tentu juga buat Tuhan Yesus yang selalu menjaga dan selalu memberi berkat yang benar-benar gak kepikiran sama sekali,"tambahnya.

Prestasi ini bagi Oya adalah tambahan dari prestasi lainnya di bidang tarik suara. Pemilik suara dengan warna vocal alto ini sudah menjuarai berbagai event seperti tingkat Kabupaten Mimika dan tingkat nasional belum lama ini di Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta. Oya juga akan mewakili Indonesia untuk perform di KBRI Turki bulan Oktober nanti.

Penulis/Editor: Sianturi