SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kelompok Kerja (Pokja) binaan Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) di Kampung Mafasimamo, Distrik Agimuga pada tahun 2023 telah selesai dikerjakan, dan sesuai kebutuhan warga kampung.

Kepala Kampung Mafasimamo, Hugo Amenao mengatakan, semua program yang dilakukan Pokja Kampung sudah selesai dan semua program yang dikerjakan, sesuai kebutuhan warga Kampung Mafasimamo.

“Program yang dijalankan Pokja sudah berjalan dengan baik, dan masyarakat semua bisa bekerja bersama-sama,” ujarnya saat Tim YPMAK melakukan monitoring di Kampung Mafasimamo, Selasa, (17/9/2024).

Dirinya berharap, YPMAK bisa terus memberikan program Pokja tiap tahun sehingga tiap tahunnya, agar Pokja dapat melakukan pekerjaan untuk mengembangkan Kampung Mafasimamo.

“Saya harap YPMAK terus jalankan program kampung ini, sehingga Pokja ikut membantu pemerintah dalam mengembangkan kampung kami,” harapnya.

Selanjutnya, Ketua Pokja Mafasimamo 2023, Thommi Tafama menjelaskan, program Pokja telah dijalankan, mulai dari pembersihan dan perawatan kebun, pembelian peralatan kebun, pembangunan jembatan, pembersihan parit.

"Ada juga pembentukan kelompok anyaman noken bagi mama-mama Kampung Mafasimamo, pengadaan jaring untuk nelayan dan semua sudah saya berikan kepada warga,” ucapnya.

Perlu diketahui, YPMAK merupakan pengelola dana kemitraan dari PT Freeport Indonesia (PTFI) dan anggaran Pokja diberikan sebesar Rp 300 juta, untuk anggaran oprasional Rp 60 juta, sedangkan Rp 240 juta digunakan untuk menjalankan program Pokja.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi