SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Komisi C DPRD Mimika Aloisius Paerong meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Mimika terutama yang menjadi mitra Komisi C yang memiliki kegiatan fisik agar segera mempercepat proses tender dan pelaksanaan kegiatan lainnya, karena penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Mimika cenderung lambat.

“Mitra Komisi C ini kan yang memiliki anggaran besar. Contohnya Dinas Pendidikan, Kesehatan, PUPR, Perhubungan, dan Kominfo, jadi untuk dinas terkait jangan lambat dalam proses tender,” ujar Aloisius saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/5/2023).

Mengingat waktu pelaksanaannya terbilang singkat, menurut dia, paling tidak dalam bulan April 2023 ini semua tender sudah dilakukan. Pasalnya, jika proses tender lambat dilakukan, Ia khawatir kegiatan tidak tuntas tepat waktu.

“Kita memiliki APBD yang besar dari Kabupaten yang lainnya di Papua, seharusnya kita bisa berjalan dengan cepat, karena Kabupaten kita mengelola banyak aspek. Kalau lelang saja belum dilakukan di bulan April ini, bagaimana penyerapan mau maksimal,” tegasnya.

Ia juga menyebutkan, pada tahun anggaran sebelumnya yang penyerapannya tidak maksimal dikarenakan masih ada beberapa OPD yang kerap memaksakan tender proyek fisik di pertengahan tahun. Terlebih lagi, cuaca yang ekstrim juga mempengaruhi proses pekerjaan.

“Kalau seperti tahun lalu lagi, kasihan kontraktor yang mengerjakan proyek-proyek fisik, karena terlambat lelangnya dan pengerjaannya tidak maksimal jadi tidak dibayarkan, menunggu lagi nanti jadi demo lagi, ya belajar dari tahun sebelumnya saja,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy