SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tunas Matoa merupakan nama salah satu kampung di wilayah Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Kampung yang dihuni 200 Kepala Keluarga (KK) dan 6.500 jiwa yang merupakan orang asli Papua (OAP) yang tersebar di 9 RT ini, juga dikenal dengan nama kampung Jikomako yang pernah didaulat sebagai kampung paling bersih dan asri.

Keasrian kampung tampak lantaran banyaknya pepohonan yang berjejer di sepanjang jalan poros, lorong rumah warga serta rindang tanaman pangan di sekitar rumah warga. Adapun satu jembatan pembatas kampung Tunas Matoa dan Kampung Jile Yale dengan aliran air sungai yang bersih menambah keasrian kampung yang bebas sampah plastik ini.

"Dua tahun lalu kampung ini didaulat sebagai salah satu kampung paling bersih dan asri, ada pialanya. Itu dilombakan di pusat. Puji Tuhan warga di sini sangat taat untuk urusan sampah karena kami juga selalu rutin lakukan sosialisasi," ungkap Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Pemerintah Kampung Tunas Matoa, Daud Tabuni saat disambangi salampapua.com, Selasa (19/3/2024).

Daud menyebutkan, mayoritas warga Tunas Matoa berprofesi sebagai petani dan paling banyak perempuan berstatus janda.

"Sesuai data, kampung ini paling banyak janda dan rata-rata warga bekerja sebagai petani. Kalau yang profesi sebagai ASN dan Karyawan itu bisa dihitung," katanya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy